Kamis, 15 Maret 2012

manajemen strategik

Visi dam Misi

A. Pengertian Visi
Menurut DR.A.B.Susanto dalam bukunya yang berjudul Visi dan Misi, visi adalah sebuah gambaran mengenai tujuan dan cita-cita di masa depan yang harus dimiliki organisasi sebelum disusun rencana bagaimana mencapainya.
Sedangkan, menurut Wibisono, visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa visi adalah suatu pernyataan yang menggambarkan kondisi perusahaan di masa yang akan datang.

B. Pengertian Misi
Menurut DR.A.B.Susanto dalam bukunya yang berjudul Visi dan Misi, misi adalah bagaimana untuk menghadirkan impian tadi menjadi kenyataan. Sedangkan menurut Wibisono, misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa.

Contoh:
PT. Sido Muncul

Profil PT.Sido Muncul





Visi dan Misi

Visi : Menjadi industri jamu yang dapat memberikan manfaat pada masyarakat dan lingkungan.

Misi :
Meningkatkan mutu pelayanan di bidang herbal tradisional
Mengembangkan research / penelitian yang berhubungan dengan pengembangan pengobatan dengan bahan-bahan alami.
Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membina kesehatan melalui pola hidup sehat, pemakaian bahan-bahan alami dan pengobatan secara tradisional.
Ikut mendorong pemerintah / instansi resmi agar lebih berperan dalam pengembangan pengobatan tradisional.


Sumber Daya Manusia
Saat ini PT. SidoMuncul didukung lebih dari 2000 karyawan dengan tingkat pendidikan bervariasi dan ditempatkan sesuai dengan keahlian, kemampuan dan kapasitasnya masing-masing. Sebagai pendukung, SidoMuncul juga memilki tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu, seperti biologi, ekonomi, farmasi, pertanian, hukum, teknologi pangan, teknik kimia, teknik elektro, dll.

Untuk mengembangkan kemampuan, pada waktu-waktu tertentu kepada karyawan diberikan kesempatan mengikuti pelatihan, kursus, maupun seminar. Untuk mendukung pengembangan, PT. SidoMuncul juga merekrut konsultan yang ahli di bidangnya, misalnya : apoteker, dokter umum, dokter gigi dan spesialis.


Fasilitas Pabrik
Dengan standar pabrik CPOB ( Standard pabrik Farmasi ), maka fasilitas yang ada di PT. SidoMuncul antara lain :

1. Laboratorium
Laboratorium Instrumentasi
Laboratorium Farmakologi
Laboratorium Formulasi
Laboratorium Farmakognosi
Laboratorium Stabilitas
Laboratorium Kimia, yang dilengkapi peralatan HPLC ( High Pressure Liquid Chromatography ), GC ( Gas Chromatography ) dan TLC Scanner ( Thin Layer Chromatography ). Keseluruhan laboratorium tersebut dibangun di atas lahan seluas 1200 m².
Laboratorium Kultur Jaringan
2. Kebun percobaan dan budidaya tanaman obat
3. Extraction Centre
4. Pengolahan air bersih
5. Pengolahan air limbah
6. Perpustakaan
6. Klinik Holistik

Selain sebagai tempat pelaksanaan produksi, di lokasi pabrik PT. SidoMuncul juga terdapat Agrowisata seluas 1,5 hektar. Lahan agrowisata tersebut berisikan berbagai jenis tanaman obat yang ada di Indonesia dan digunakan sebagai bahan baku produksi produk jamu SidoMuncul.
Disamping itu, PT. SidoMuncul juga memberikan kesempatan bagi masyarakat umum untuk datang berkunjung dan melihat secara langsung proses produksi yang dilakukan, dengan harapan dapat membuka mata masyarakat jamu - jamu produksi SidoMuncul memang memenuhi standar CPOB dan aman serta berkhasiat untuk dikonsumsi.


Agrowisata
Keberadaan Agrowisata PT. SidoMuncul bertujuan untuk mengoleksi tanaman obat, terutama diprioritaskan pada tanaman - tanaman langka atau yang hampir punah. Sebagian besar koleksinya terdiri dari tanaman untuk bahan jamu yang dipergunakan oleh para industri dan lainnya masih dieksplorasi dari alam.

Pada tahun 1999 dirintis pembukaan kawasan khusus untuk lokasi koleksi tanaman obat yang akhirnya didesain seartistik mungkin dan menarik untuk dilihat dan dikunjungi. Secara resmi tempat tersebut dijadikan obyek agrowisata khusus koleksi tanaman obat yang dirancang terpadu, antara koleksi tanaman obat dengan desain taman serta infrastruktur lainnya.

Lokasi...

Agrowisata tanaman obat PT. SidoMuncul berlokasi di kawasan pabrik / industri jamu PT. SidoMuncul, Jln. SoekarnoHatta, desa Diwak, kecamatan Bergas, kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Menempati lahan seluas 1,5 hektar, dengan topografi tanah landai, ketinggian tempat 440 meter dari permukaan laut.

Sarana dan Prasarana...

1. Koleksi tanaman obat sejumlah kurang lebih 400 spesies, termasuk tanaman introduksi / yang didatangkan dari luar negeri, antara lain : Echinacea purpurea, Tribulus Terrestris, Mintha Piperita, Sybilum Marianum dan Jamur Ganoderma Lucidum.
2. Jalan yang bisa dilalui mobil, untuk berkeliling lokasi
3. Aula berupa Gasebo
4. Kolam ikan ( danau buatan )
5. Nursery / kebun bibit dan tempat penjualan bibit tanaman obat



Agrowisata PT. SidoMuncul memiliki tiga ( 3 ) buah misi, yaitu :

1. Misi Ilmiah
Merupakan tempat koleksi tanaman hidup yang diambil dari berbagai tempat, yang bisa diindikasikan sebagai tanaman obat, terutama tanaman langka sebagai tanaman stok / plasma nutfah, yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan sebagai bahan penelitian lebih lanjut, baik untuk penelitian budidaya / pengembangan atau penelitian khasiat sebagai bahan baku jamu baru. Penelitian selain dilakukan oleh team R&D PT. SidoMuncul juga melibatkan atau bisa dilakukan oleh institusi lain terutama para pelajar dan mahasiswa.

2. Misi Sosial
Agrowisata dibuka untuk umum, siapa saja bisa datang berkunjung, terutama yang peduli terhadap keanekaragaman hayati alam Indonesia. Agrowisata bisa memberikan wawasan dan pengetahuan baru kepada masyarakat, terutama tentang tanaman obat baik mengenai cara budidaya maupun fungsi dan khasiatnya bagi kesehatan manusia.

3. Misi Ekonomi
Agrowisata sebagai Plasma Nutfah / Stok tanaman hidup yang bisa dikembangkan untuk tanaman baru sebanyak-banyaknya di tempat lain. Hasil perbanyakan tanaman yang berupa bibit atau benih dikembangkan seluas-luasnya di tempat lain dan hasilnya digunakan sebagai bahan baku industri jamu atau komoditas tanaman perdagangan.


Agrowisata PT. SidoMuncul terbuka untuk umum, dan biasanya dalam sebulan menerima minimal empat kali kunjungan. Program kunjungan Agrowisata biasanya dilakukan setelah pengunjung melakukan peninjauan ke proses produksi pabrik, yang letaknya tidak jauh. Bagi yang berminat bisa langsung menghubungi Public Relations Department, PT. SidoMuncul, baik yang berada di Jakarta maupun yang ada di Semarang.


Ramah Lingkungan
Sebagai perusahaan yang bahan bakunya tanaman, PT. SidoMuncul tidak ingin kehadirannya menghasilkan limbah yang dapat merusak alam, sehingga berupaya untuk melestarikan aneka tanaman obat yang ada di Indonesia. Untuk menangani limbah cair, di lokasi pabrik dipasang instalasi pengolahan air limbah sehingga air limbah dapat diolah menjadi air yang bisa digunakan untuk menyirami tanaman. Sedangkan limbah padat dari buangan sisa ekstraksi akan dilolah menjadi pupuk organik , yang bisa digunakan untuk memupuk tanaman.

Dengan upaya penanganan limbah tersebut, diharapkan PT. SidoMuncul menjadi perusahaan yang ramah lingkungan, dan lokasi seputar pabrik menjadi asri karena tanaman tumbuh subur.


Kerjasama Ilmiah
Agar produk dapat senantiasa berkembang sesuai dengan tuntutan masyarakat dan kemajuan tekhnologi, kerjasama dilakukan dengan lembaga-lembaga ilmu pengetahuan, baik dimata masyarakat maupun dunia " ke-ilmu-an ", seperti :

Universitas Diponegoro, Semarang
PPOT, Universitas Gadjahmada, Jogjakarta
Fakultas Farmasi, Universitas Widya Mandala, Surabaya
Fakultas Farmasi, Universitas Sanata Dharma, Jogjakarta
Lembaga penelitian, Institut Tekhnologi Bandung
Balai Penelitian Tanaman Obat, Depkes, di Tawangmangu
Balai Penelitian Tanaman Obat dan Rempah, di Bogor.





Soal :

1. Carilah Contoh lain Visi dan Misi sebuah perusahaan
2. Analisislah apakah visi tersebut termasuk visi strategik atau tidak
3. Apakah pernyataan misi mampu menjawab pertanyaan " Bagaimana mencapai visi"?
4. Setelah selesai menyelesaikan soal no 1-3 tentukan Visi, Misi dan Tujuan anda....

14 komentar:

  1. (Ratna Dewi C/4EB02/21208005)
    Visi perusahaan merupakan sebuah khayalan, mengenai cita-cita dan apa yang diharapkan perusahaan di masa yang akan datang. Sedangkan misi adalah upaya atau usaha yang dilakukan untuk mencapai cita-citanya tersebut. dan dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang memiliki visi dan misi adalah perusahaan yang ingin keadaannya lebih baik daripada sekarang dan memiliki keinginan untuk bisa meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

    BalasHapus
  2. Elin Septiana
    20208431
    4EB02

    Setiap perusahaan harus mempunyai visi dan misi. Karena jika tidak ada visi dan misi, suatu perusahaan tidak akan berkembang dengan baik dan tidak akan mempunyai arah yang jelas kedepannya untuk perusahaan itu sendiri. Visi perusahaan yaitu tujuan atau pencapaiian perusahaan dimasa yang akan datang, seperti halnya cita-cita perusahaan untuk ke depannya. Sedangkan misi, upaya-upaya yang dilakukan untuk mendukung atau menunjang visi yang sudah ada yang direncanakan oleh perusahaan. Perusahaan harus mempunyai visi dan misi yang terencana dengan baik dan pelaksanaan yang baik pula. Agar hasil yang didapatkan juga optimal. Dan perusahaan dapat mencapai tujuan yang menjadi cita-cita perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  3. Dessy asri ryanti
    20208332
    4EB02


    Perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya harus memiliki visi & misi yang jelas. hal ini berkaitan erat dengan pencapaian target suatu perusahaan, visi pada suatu perusahaan dimaksudkan agar perusahaan memiliki target dan pencapaian yang jauh untuk kemajuan usahanya. Sedangkan misi pada suatu perusahaan dimaksudkan untuk menyusun strategi dan proses untuk mencapai visi tersebut, semakin tinggi dan baik visi suatu perusahaan maka semakin strategik pula misi yang harus dibuat untuk mencapai visi yang diingikan.

    BalasHapus
  4. Ali Khomeini V / 2A211394 / 4EB02
    Visi bagi sebuah perusahaan merupakan sebuah tolak ukur agar perusahaan tersebut memiliki suatu tujuan yang terarah sehingga tidak melenceng dari visi awal didirikannya perusahaan tersebut
    Misi merupakan upaya atau usaha yang dilakukan dalam proses mencapai visi yang telah ditetapkan, sehingga misi suatu perusahaan jangan terlalu jauh dari visi yang sudah ditetapkan. Karena misi harus dapat menjawab bagaimana sebuah visi tersebut dapat dicapai.

    BalasHapus
  5. Susanti Kusumo Sari
    28210025
    4EB02
    Visi = tujuan, Misi = cara mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
    Setiap usaha pastinya punya visi dan misi sebelum membangun usaha yang akan dijalankannya tersebut. Karena itu penting agar suatu usaha itu menjadi fokus dengan apa yang akan dicapainya di masa yang akan datang maupun masa sekarang, baik untuk jangka pendek dan jangka panjang. Tetapi pastinya akan selalu ada hambatan yang tidak bisa kita duga sebelumnya makanya kita juga harus bisa menangani hal tersebut agar tetap bisa berjalan dengan baik.
    Kita juga bisa memanfaatkan fasilitas yang ada disekitar dengan sebaik-baiknya dan jangan sampai merugikan pihak manapun yang ada.

    BalasHapus
  6. Reckyaldi Nugraha (21208011/4EB02)

    Visi dan misi merupakan suatu langkah awal setiap organisasi di perusahaan maupun di instansi-instansi lainnya untuk menjalankan bisnisnya agar dapat mencapai suatu tujuan yang tepat bagi perusahaan dan menjadikan visi dan misi sebagai penyemangat kinerja perusahaan maupun kinerja karyawan, melalui proses tujuan yang searah antara visi dan misi yang dijalankan.

    BalasHapus
  7. Budhi Rahayu
    20208261
    4EB02

    visi dan misi harus dimiliki oleh setiap perusahaan. semakin bagus visi dan misi yang di miliki oleh perusahaan tersebut, maka akan semakin bagus pula kinerja perusahaan tersebut.visi adalah cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan Sedangkan misi adalah upaya atau usaha yang dilakukan untuk mencapai cita-cita atau tujuan tersebut. jadi visi dan misi mempunyai keterkaitan akan keduanya.

    BalasHapus
  8. feny febriandi
    20208501
    4eb02

    menurut saya, Setiap perusahaan harus mempunyai visi dan misi.karena untuk mempertahankan eksistensinya. visi dan misi perusahaan bisa mencerminkan karakter atau sifat si perusahaan itu sendiri.

    BalasHapus
  9. Nama : Anissa Nur Amalia. S
    NPM : 21208499
    Kelas : 4eb01
    1. Visi dan Misi PT. Melati Technofo Indonesia (MTI) :
    a. Visi
    PT. Melati Technofo Indonesia (MTI) untuk menjadi perusahaan yang memimpin tentang Solusi Fiber Optic.
    b. Misi
    1. Untuk memberikan pelayanan fiber optic terbaik di kelasnya dan memberikan solusi fiber optic sementara menanamkan kebutuhan pelanggan kami mendatang.
    2. Untuk mempromosikan sebuah tim berkinerja tinggi untuk berkontribusi bagi keberhasilan klien melalui layanan teknologi canggih dan teknik mutakhir.
    3. Untuk mendorong pertumbuhan kesempatan yang sama untuk mencapai kesempurnaan pengembangan bisnis.
    2. Menurut saya, visi yang diusung oleh PT. Melati Technofo Indonesia (MTI) merupakan visi yang strategic. Hal ini disebabkan karena dalam visinya, PT. Melati Techofo Indonesia (MTI) ingin menjadi perusahaan yang memimpin solusi fiber optic dimana visi tersebut merupakan salah satu tujuan dari perusahaan tersebut.
    3. Menurut saya, misi yang diusung oleh PT. Melati Technofo Indonesia (MTI) mampu menjawab pertanyaan dari visi PT. Melati Technofo Indonesia (MTI ) itu sendiri dimana untuk mencapai visi maka perusahaan berusaha memberikan pelayanan yang paling bagus dengan teknologi yang mutakhir.
    4. Visi, misi dan tujuan hidup saya :
    a. Visi
    Memberikan yang terbaik untuk orang-orang yang saya sayang.
    b. Misi
    1. Berusaha untuk menjadi diri sendiri.
    2. Berusaha mencoba segala sesuatu yang baru.
    3. Berusaha belajar dari orang-orang disekitar saya.
    c. Tujuan hidup
    Membahagiakan Orangtua, its enough.

    BalasHapus
  10. firmansyah
    202028515
    4EB02

    Visi dan Misi sangat penting dalam sebuah organisasi karena visi adalah harapan atau cita-cita sebuah organisasi dimasa yang akan datang,sedangkan misi adalah bagaimana cara untuk mencapai visi tersebut,selain itu juga visi dan misi berguna sebagai motivasi sumber daya manusia dalam sebuah oraganisasi agar dapat bekerja lebih baik dan terarah sesuai dengan visi.

    BalasHapus
  11. DWI OKTAVIANI ANWAR
    20208402
    4EB02

    Visi adalah suatu cita-cita atau khayalan sebuah perusahaan yang ingin di capai atau yang ingin dituju. . Misi adalah langkah-langkah yang dilakukan sebuah perusahaan untuk mencapai visi-visi mereka.Tidak hanya perusahaan saja yang memiliki visi dan misi, setiap orang pun memiliki sebuah visi dan misi dalam hidup mereka.

    BalasHapus
  12. Arum Pramuningtyas/20208196/4EB01

    Suatu perusahaan hendaknya mempunyai visi dan misi, dimana visi dan visi tersebut akan menjadi cerminn bagi perusahaan. Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, perusahaan akan melihat visi dan misi sebagai patokan. Untuk itu, visi dan misi perusahaan tidak sembarangan dibuat karena visi dan misi merupakan salah satu dari keputusan strategik.
    Contohnya :
    PT. BANK MANDIRI
    Visi:
    Bank terpecaya pilihan anda
    Misi:
    •Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar
    •Mengembangkan sumber daya manusia professional
    •Memberi keuntungan yang maksimal bagi stakeholder
    •Melaksanakan manajemen terbuka
    •Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan

    Menurut saya, visi PT. Bank Mandiri termasuk visi yang strategik. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana PT. Bank Mandiri berusaha menjadi bank yang terpercaya untuk pelanggan.Sedangkan Pernyataan misi mampu menjawab visi yang diberikan oleh PT. Bank Mandiri, Dimana PT. Bank Mandiri berusaha memberikan pelayanan-pelayanan terbaik untuk mencapai visi tersebut.

    Visi saya adalah menjadi yang terbaik. Sedangkan misi saya adalah menjalankan segala upaya yang bisa saya lakukan dan tak berhentinya belajar untuk jadi yang terbaik.

    BalasHapus
  13. Miranty Nurhayati
    20208809
    4EB02


    Dalam dunia bisnis yang semakin luas, persaingan yang ketat dalam mencanangkan program terbaik perusahaan adalah suatu usaha yang luar biasa dan tidak mudah untuk dicapai. Maka dari itu, perusahaan harus memiliki visi dan misi yang jelas, tepat pada sasaran, dan menggambarkan kondisi perusahaan di masa yang akan datang untuk mencapai keberhasilan atau justru sebaliknya. Dengan strategi perusahaan yang memiliki visi dan misi untuk mempertahankan suatu usaha bisnis dari tahun ke tahun dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat adalah nilai plus yang patut diberikan kepada perusahaan itu sendiri. Seperti contoh pada artikel diatas pada PT. SIDOMUNCUL perusahaan tersebut dengan posisi seperti itu telah mampu membuktikan bahwa dalam mengelola perusahaan, khususnya produk yang dibuat dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat dengan dengan memiliki manajemen yang baik, visi dan misi yang selalu konsisten dalam mencapai tujuan keberhasilan.

    BalasHapus
  14. Lia Asri Lestari
    20208730
    4EB01

    PT.SUCOFINDO
    Visi Perusahaan
    Menjadi perusahaan jasa yang menguntungkan dan paling terpercaya dalam memberikan pemastian di Indonesia dan ASEAN

    Misi Perusahaan
    1.Kami menyediakan layanan yang inovatif, handal, dan berkualitas tinggi dalam bidang inspeksi, pengujian, sertifikasi dan jasa terkait kepada pelanggan.
    2.Kami mewujudkan lingkungan kerja yang menantang, apresiatif, dan berlandaskan pengetahuan bagi karyawan.
    3.Kami menciptakan nilai bagi pemegang saham dan berkontribusi kepada perekonomian dan masyarakat di tempat kami beroperasi.
    http://www.sucofindo.co.id/2/tentang-sucofindo/484/visi,-misi-dan-nilai-perusahaan.html

    Menentukan visi dan misi merupakan suatu langkah yang penting untuk dilakukan perusahaan, karena dengan adanya visi dan misi, sebuah perusahaan memiliki tujuan dan bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut. Menentukan visi dan misi sebuah perusahaan dengan tepat, dapat memberikan pandangan tersendiri bagi perusahaan tersebut,terlebih jika perusahaan tersebut benar-benar dapat merealisasikan visi tersebut dalam keadaan sebenarnya.
    Contoh perusahaan yang memiliki visi dan misi yaitu, PT.SUCOFINDO. Menurut pendapat saya, perusahaan tersebut memiliki visi strategik karena ingin menjadikan perusahaan tersebut menjadi lebih baik bahkan menjadi perusahaan terpercaya dalam memberikan pemastian di Indonesia bahkan ASEAN, dan misi yang ada mendukung visi perusahaan tersebut, sehingga upaya untuk mencapai tujuan perusahaan yang ada pada visi perusahaan tersebut lebih memungkinkan untuk tercapai.
    Terimakasih.

    BalasHapus