Kamis, 08 Maret 2012

Manajemen Strategi. Bab.2

STRATEGI INOVASI TEKNOLOGI DAN PRODUK DALAM
MEMBANGUN KEKUATAN PERSAINGAN


Waktu menjadi parameter yang paling dalam rangka mencapai keunggulan bersaing. Manajemen waktu mempunyai relevansi langsung dengan kecepatan, yang membawa menfaat besar pada perusahaan. Kecepatan akan meningkatkan kapasitas, kualitas, frekuensi, kecanggihan, keterjangkauan dan kemudahan pada perusahaan.
Perhatian pelaku bisnis saat ini nampaknya semakin terfokus pada fenomena bersaing perusahaan yang yang cederung berubah dari waktu ke waktu. Dan kenyataan persaingan membawa persaingan menjadi kata kunci yang tidak pernah usang untuk dianalisis. Perusahaan dituntut untuk mengembangkan strategi yang lebih efektif serta efisien sehingga membutuhkan pemikiran dan konsep yang lebih fundamental dengan melihat apa yang menjadi dasar persaingan. Kunci kesuksesan terletak pada kejelian perusahaan dalam menentukan parameter dasar serta meramunya menjadi keunggulan bersaing. Keunggulan tidak terbatas pada parameter langsung, tetapi lebih jauh lagi perlu diperhatikan parameter tak langsung dan lebih mendasar yang mempunya kontribusi besar pada parameter lainnya.

Permasalahan
Perubahan-perubahan ekonomi, politik, teknologi yang terjadi dewasa ini, terutama perkembangan tteknologi informasi, praktis telah membuat hamper seluruh bagian di muka bumi dapat dijangkau. Peristiwa yang terjadi di suatu tempat dapat tersebar cepat ke seluruh penjuru dunia. Pergolakan politik, kecelakaan industri, mode-mode baru serta terobosan teknologi yang terjadi dalam masyarakat tertentu dapat mempengaruhi masyarakat lainnya melalui berbagai cara. Oleh karena itulah perusahaan perlu memandang dunia sebagai satu lingkungan global yang dinamis.
Pihak manajemen tidak lagi bias mengingkari bahwa perusahaannya berada ditengah lingkungan global yang mau tidak mau wajib dipertimbangkannya dalam mengambil keputusan-keputusan bisnisnya. Dalam merumuskan strategi yang efektif, perusahaan modern dituntut untuk mampu mengidentifikasikan jenis-jenis keputusan mendasar yang dihadapinya. Keputusan strategis seringkali ditekankan pada masalah hubungan antara organisasi / perusahaan dengan lingkungan bisnisnya.

Dalam kontek yang lebih sempit lingkunpnya adalah sekitar posisi produk pasar perusahaan yang bersangkutan. Hakekatnya, uapaya pemenuhan / pemuasan keinginan pasar / konsumen oleh perusahaan oleh perusahaan dituangkan melalui produk ( barang atau jasa ) yang dihasilkan. Secara umum ada lima factor yang mempengaruhi peluang / kesempatan pasar bagi suatu produk, yaitu :
1. Perubahan ekonomi
2. Perubahan sosiologi dan demografi
3. Perubahan teknologis
4. Perubahan politis
5. Perubahan lain yang dapat terjadi melalui praktek-praktek pasar, standart profesi, pemasok, dan distributor.
Teknologi memang bukan satu-satunya jaaban untuk semua masalah bisnis, tetapi sejarah menunjukan bahwa penerapan teknologi turut menentukan nasib ekonomi perusahaan. Secara garis besar dampak pasar dari era perubahan teknologi yang cepat dan mengarah pada otomatisasi.

1. Siklus hidup pemasaran untuk produk-produk semakin pendek sehinga sesain-desain baru harus berganti    cepat.
2. Pasar menuntut semakin beragamnya produk tanpa meningkatkan volume. Artinya prabrik harus memproduksi jumlah yang lebih sedikit untuk setiap produk.
3. Pasar menjadi ‘peka waktu’ yang mnuntut penyediaan produk yang tepat waktu. Persaingan atas waktu ( time-based competition ) ini memiliki arti bahwa perusahaan harus memproduksi barang yang lebih kecil pada jadual yang terkendali.
4. Pasar menjadi ‘peka ongkos’ yang mengharapkan menurunkan titik impas. Karena itu kemampuan produksi yang sangat efisien dengan mutu dan keandalan yang tinggi sangat dibutuhkan.

Teknologi baru memperlihatkan karakteristik yang mencolok khas atas kemempuannya. Kini yang menjadi kunci ketahanan berbagai perusahaan adalah kemampuan dalam memanfaatkan potensi teknologi cangih yang luar biasa dan menyalurkannya bagi kesejahteraan ekonomi. Terlepas berhasil atau tidaknya implementasi teknologi akan selalu muncul implikasi-implikasinya, seperti ketenagakerjaan, dana dan alokasi sumber dana lainnya.
Pembahasan
Perspektif: Keunggulan dalam Persaingan
Idealnya, pengembangan strategi perusahaan yang efektif dan efisien tidak cukup hanya melalui pendekatan yang terpilah-pilah tetapi harus menyeluruh sebagai satu kesatuan yang utuh dalam kontek yang relevan. Pendekatan system menuntut pemahaman keseluruhan interaksi antara berbagai elemenpenting yang mempengaruhi persaingan. Persaingan pada hakekatnya merupakan proses dinamis karena daur ulang formulasinyadan implementasi strategi bisnis perusahaan melalui pengembangan instrument-instrumen strategis persaingan.
Pada prinsipnya strategi-strategi bisnis mempunyai sasaran pada masalah sekitar persaingan. Persaingan bisnis yang sehat semestinya dipandang sebagai upaya positif yang dilakukan perusahaan yang bersangkutan memiliki keunggulan relative atas pesaingnya. Dalam persaingan bisnis modern, sasaran strategi bisnis tidak cukup hanya sebatas pada kelangsungan hidup perusahaan ditengah persaingan yang semakin ketat, tetapi lebih penting lagi adalah keunggulan yang berkelanjutan. Keunggulan demikianlah yang pada gilirannya mendapatkan ganjaran ( reward ) yang layak ( seperti keuntungan, peningkatan pangsa pasar, loyalitas konsumen dsb )sesuai dengan upaya positifnya.

Inovasi Sebagai Instrumen Strategi
Kecepatan suatu organisasi menadopsi teknologi baru dipengaruhi oleh lingkungan persaingan dari industri yang bersangkutan. Lingkungan tersebut pada gilirannya ditentukan oleh pertimbangan-pertimbangan social, politik, ekonomi dan akan meliputi berbagai faktor antara lain nilai-nilai konsumen, daur hidup produk dan karakteristik industri atau pasar. Daur hidup produk merupakan ukuran relative yang bisa terjadi dalam skala jam, bulan ataupun tahun. Tugas penting manajemen dalam kaitan ini adalah mendesain suatu system yang menunjang keberhasilan pengenalan produk-produk baru.
Tidak bisa disangkal bahwa perkembangan waktu menunjukan adanya kecenderungan umum yaitu daur hidup produk yang semakin pendek. Karena itu tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa kata kuci dalam persaingan usaha sat ini adalah bahwa manajemen harus bergerak kea rah pengambilan keputusan yang lebih cepat, implmentasi yang lebih cepat dan tepat secara sekaligus.
Gambar 1. Lingungkan Bisnis demikian pada gilirannya menuntut tingginya fleksibilitas proses produksi yang dimiliki oleh perusahaan modern.
Gambar 1. Pengaruh dan kecenderungan Utama
Karena itu pengembangan produk dalam system produktif modern menjadi semakin penting dalam mempertahankan kelangsungan hidup ( survival ) dan membangun keunggulan organisasi tersebut di tengah pesaingan yang semakin ketat. Mereka yang berhasil mengembangkan produk-produk baru secara lebih cepat yang akan memiliki keunggulan kompetitif dari para pesaingnya. Inovator yang mampu memperkenalkan produk lebih cepat memiliki keuntungan antara lain karena dapat memanfaatkan teknologi terbaru. Selain itu mereka juga mendapatkan pengalaman berguna dalam banyak hal seperti dalam desain, pengujian, pembuatan dan pengenalan produk-produk baru. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa para innovator biasanya mampu belajar lebih cepat. Dilain pihak, organisasi juga perlu mempertimbangkan dan mengatsi adanya kemungkinan resiko menjadi inovator.
Elemen Penting dalam Strategi Inovasi Produk :
Dalam perumusan strategi inovasi produk, selain pertimbagan atas faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan strategi posisi “ kepemimpinan “ ( leadership ) dalam pasar. Ketiga faktor-faktor tersebut harus dikaji dengan cermat oleh organisasi. Sedangkan elemen penting dalam inovasi produk diantaranya kompetensi manajemen, produk baru harus memberikan nilai, keberhasilan produk baru dipengaruhi oleh focus strategi, komitmen manajemen, lingkungan pasar dan timing ( tepat waktu ).
Tujuan dari strategi produk adalah memastikan keunggulan kompetitif bagi produk bersangkutan. Strategi produk berhubungan dengan pemilihan, penjabaran dan desain produik yang akan disampaikan kepada konsumen . Tentu saja keberhasilan pengembangan suatu produk sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor penting seperti kemampuan manajerial, ketrampilan teknologi, sumber dana financial dan sumber daya manusia yang tersedia.

Keberhasilan dalam pengembangan produk merupakan isu manajemen yang penting bagi perusahaan modern, terutama dalam technology driven industries. Pemahaman yang baik atas faktor-faktor yang mendorong keberhasilan produk dapat membantu suatu perusahaan memfokuskan berbagai sumberdaya penelitian dan pengembangan yang penting dan mendayagunakannya secara baik dalam proses penyampaian produk dan meningkatkan permintaan bagi produk barunya.

Tabel 1. Kerangka untuk mengidentifikasikan kelayakan kepemimpinan teknologi.
Kesinambungan kepemimpinan teknologi.
Keuntungan Inovator
Kerugian Inovator Variabel yang mendukung kepemimpinan teknologi
- Teknologi dikembangkan did lam perusahaan.
- Biaya H & D yang tinggi menghalangi pesaing menjalankan strategi sebagai pemimpin.
- Tingginya ketrampilan teknologi dibanding dengan pesaing.
- Tingkat difusi teknologi yang rendah di dalam perusahaan.

Variabel yang mendukung kepemimpinan teknologi
- Reputasi sebagai pionir / pemimpin
- Kesempatan lebih awal dalam memperoleh posisi pasar yang menarik.
- Biaya perubahan ‘ switching’ bagi konsumen
- Pilihan akses pada saluran pasar yang utama
- Kelebihan dalam pengalaman belajar
- Kesempatan menentukan standart teknologi
- Hambatan kelembagaan seperti hak paten.
Variabel yang menghambat kepemimpinan teknologi
- Biaya yang tinggi sebagai innovator
- Ketidakpastian permintaan.
- Perubahan dalam keinginan pembeli yang dapat membuat teknologi tak berguna.
- Ketidakmampuan atan biaya tinggi untuk merevisi atau menyesuaikan teknologi.
- Kemungkinan rendahnya biaya tiruan/ imitasi

Keunggulan / kompetensi manajemen sangatlah menentukan keberhasilan produk.
Kemungkinan keberhasilan produk baru akan lebih baik jika direncanakan dan diimplementasikan dengan baik. Perencanaan tersebut meliputi penelitian, pengembangan, rekayasa, manufaktur dan pengenalan pasar. Lini fungsional haruslah berinteraksi dan mengkoordinasikan berbagai aktivasi selama proses pengembangan. Keterkaitan antara bagian penelitian dan pengembangan dengan kelompok fungsional lainnya, khususnya pemsaran dan manufaktur sangatlah diperlukan. Keterkaitan dengan bagian pemasaran sangat penting terutama untuk memastikan bahwa peusahaan memahami kebutuhan konsumen dan mampu menjabarkannya menjadi jawaban bagi konsumen. Hubungan dengan bagian manufaktur perlu karena semakin pentingnya operasi-operasi yang efektif dan efisien, akan menjadi suatu sasaran yang tidak mungkin / sulit dicapai kecuali jika desain manufaktur merupakan bagian integrasi dari tujuan pengembangan produk.

Dalam kaitan ini, strategi proses yang berkaitan dengan pendekatan yang dilakukan oleh suatu organisasi dalam mentransformasikan sumberdaya-sumberdaya menjadi produk barang atau jasa sangatlah penting. Tujuan dari strategi proses adalah merumuskan cara memproduksi barang atau jasa pelayanan yang memenuhi kewinginan konsumen dan spesifikasi produk sesuai dengan kendala biaya dan kendala manajerial lainnya. Keputusan proses sangatlah penting karena akan mempunyai dampak jangka panjang pada efisiensi dan produksi, fleksibilitas, biaya dan mutu produk yang dihasilkan.

Tiga aspek utama fleksibilitas produksi perlu mendapat perhatian manajemen yaitu :
1. Fleksibilitas produk ( inovasi produk, respon terhadap variasi penjualan variasi penjualan dan mutu yang tinggi dan konsisten ).
2. Fleksibilitas infrastruktur ( implementasi perubahan teknologis ).
3. Fleksibilitas proses ( keragaman lini produksi, lead time yang pendek, respon terhadap perubahan, spesifikasi yang diinginkan konsumen, keandalan delivery, pengurangan kerugian ).
Manajemen harus senantiasa melakukan pengurangan-pengurangan aktivitas-aktivitas atau hal-hal yang selalu mempunyai dampak terhadap biaya tetapi tidak memberikan kontribusi terhadap nilai tambah produk. Upaya peningkatan efisiensi harus diimplementasikan pada proses secara keseluruhan mulai dari isu-isu yang berkaitan dengan desain, perencanaan produksi, pengurangan lead time di semua tahapan proses hinga delivery produk ke pasar.
Keberhasilan implementasi dari konsep Just-in Time ( JIT ) dalam perusahaan modern merupakan hal yang mutlak bagi perusahaan dalam situasi Time-based competition. Manajemen harus mampu memanfaatkan kelebihan atas ukuran relative perusahaannya ( kecil, menengah ataupun perusahaan besar ), dengan mempehatikan aspek-aspek economies of scale, economies of scope, dan economies of integration system produktif yang dimilikinya.
Produk Baru harus mampu memberikan nilai / manfaat penting kepada konsumen.
NIlai atau manfaat dapat diukur melalui melalui berbagai dimensi. Dimensi nilai tersebut dapat meliputi funsi / guna, kinerja ( performance ), harga / biaya ( cost ), cirri / keistimewaan ( feature ), keandalan ( reliability ), kesesuaian ( conformance ), daya tahan ( durability ). Pelayanan ( serviceability ), estetika ( esthetics ), dan citra mutu ( perceived quality ). Sudah barang tentu kemempuan perusahaan dalam memahami keinginan konsumen sangatlah kritis dalam hal ini.
Implementasi yang tepat Totak Qualitymanagement ( TQM ) yang masyaratkan bahwa prinsip manajemen mutu ( dalam arti luas ) harus diterapkan pada setiap bagian dan setiap tingkat organisasi dan mencakup pemasok serta pelangga, akan sangat menentukan keberhasilan produk.

Keberhasilan produk baru sangat dipengaruhi oleh focus strategi
Perusahaan harus mengembangkan rencana kegiatan berdasarkan kemampuan teknologi, pemasaran dan kompetensi organisasi / manajemen yang dimiliki. Produk-produk yang berkaitan memungkinkan perusahaan untuk dapat mengunakan dan mengembangkan lebih lanjut kemampuan teknologi yang dimiliki serta memanfaatkan sumber-sumber informasi dan jaringannya ( internal maupun eksternal ). Hal ini tidak berarti bahwa perusahaan tidak perlu memasauki pasar atau bidang teknis yang sama sekali baru. Hanya saja resiko atas usaha yang sama sekali baru perlu diminimalkan dengan mengurangi dimensi keasingan dari hal-hal yang serba baru tersebut. Dalam kontek pemanfaatan teknologi baru dalam inovasi produk, Noori ( 2002 ) mengajukan suatu kerangka pendekatan integrative antara konsep ‘technology push’ dan ‘market pull’. Gambar 2. secara singkat pendekatan ini diharapkan dapat memastikan bahwa manajemen tetap waspada ( tetapi disilaukan oleh ) dan mampu menanggapi kemajuan-kemajuan teknologi seperti teknologi produksi dan teknologi informasi.
Gambar 2. Kerangka Pendekatan Integratif ‘technology push’ dan ‘market pull’
Komitmen manajemen sangatlah menentukan
Tanpa adanya dukungan manajemen maka SDM dan sumber dana yang diperlukan untuk mengembangkan produk hamper tidak mungkin dapat diperoleh. Senioritas dan kewenangan manajer yang bertanggungjawab atas pengembangan produk dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan produk yang bersangkutan. Manajemen juga harus mampu menangani ketidakpastian disekitar bisnisnya dan mengoptimalkan komunikasi organisasi. Informasi yang disebarkan dalam organisasi membantu menciptakan lingkungan yang konduksif bagi pengambangan inovasi.
Manajemn perysahaan perlu menyadari bahwa strategi inovasi, peningkatan mutu dan efisiensi bukanlah one time shot dan suatu hal yang dapat dilaksanakan dalam sehari, melainkan harus dilakukan terus-menerus sebagai bagian integral aktivitas perusahaan yang selalu memompakandarah segar dalam tubuh organisasi. Inovasi harus menjadi way of life bagi perusahaan yang ingin meningkatkan dan mempertahankan keunggulan kompetitifnya di tengah pesaingan bisnis saat ini.
Lingkungan Pasar akan mempengaruhi keberhasilan produk baru
Produk yang memasuki pasar dan mengalami pesaingan yang tidak begitu ketat atau pasar yang relative besar dan tumbuh berkembang cepat, besar kemungkinannya untuk berhasil. Walaupun begitu perlu diingat bahwa keunggulan / kepemimpinan teknologi sangatlah riskan. Karenanya para innovator harus memahami konsumen serta menguasai jalur komunikasinya. Pada sisi konsumen, intensitas pesaingan ditandai oleh kepentingan relative peran harga dalam keputusan konsumen. Semakin homogen produk yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan dalam suatu pasar, semakin kompetitif pasar tersebut dan semakin penting pula peran harga sebagai variabel keputusan konsumen dalam memilih produk yang disukainya. Diferensiasi / inovasi pada prinsipnya melonggarkan persaingan dalam bentuk harga dan mengubahnya dalam bentuk persaingan lain.
Para inovator ini biasanya dituntut untuk mendidik konsumen potensial tentang pengunaan produk baru. Selama konsumen memakai produk baru tersebut, perusahaa harus dapat memahami bagaimana keinginan konsumen berubah serta menyesuaikan desain produknya terhadap perubahan tersebut. Para pemimpin ini juga perlu berupaya mengembangkan standar-standar industri jika mereka menghendaki peran utama dalam pasar. Pasar-pasar yang matang dan belum tersentuh biasanya merupakan pasar potensial bagi para inovator, tetapi tentu saja entry harus direncanakan dan dilaksanakan dengan sebaik mungkin untuk menghindari kegagalan produk.

Timing suatu inovasi
Pemilihan waktu untuk memasuki pasar merupakan salah satu alasan utama penyebab keberhasilan atau kegagalan produk baru. Peluang dan resiko suatu produk baru bergantung pada beberapa hal antara lain : perubahan keadaan ekonomi secara umum, perubahan pada preferensi konsumen dan perubahan daur hidup industri. Investasi dari riset dan pengembangan dapat mengubah tingkat peluang dan resiko produk baru. Misalnya, entry yang lambat memungkinkan investasi lebih tinggi dalam mendesain produk baru, memberikan dukungan engeneering yang memadai dan mengembangkan program pemasaran yang efektif.
Pada dasarnya timing memasuki pasar merupakan keputusan taktis kuantitatif sekaligus keputusan strategis kualitatif. Keputusan strategis kualitatif pada prinsipnya merupakan masalah strategi entry seperti : apakah suatu perusahaan harus berperan sebagai pemimpin ( market leader ) ataukah pengikut ( market follower ). Trade off antara kelebihan / keunggulan dan kekurangan / kerugian sebgai pemimpin atau pengikut merupakan isu utama bagi keputusan strategi dari entry ini.
Keputusan taktis-kuantitatif terutama merupakan masalah waktu entry. Kapankah seharusnya suatu produk baru memasuki pasar. Seseorang pioneer potensial harus menentukan waktu entry sedemikian sehingga dapat memperoleh keseimbangan antara peluang / benefit dengan inovasi dan resiko / biaya yang berkaitan deengan pengembangan dan pemasaran dan publikasi merupakan aspek yang sangat kritis.
Kesimpulan
Kita hidup di dunia yang dinamis dimana kita dituntut untuk terus berkreasi dan berinovasi, jika tidak ingin mandek dan tersingkirkan. Memahami proses perubahan yang terjadi merupakan tahap awal kritis agar dapat memanfaatkan secara optimal: memaksimumkan manfaat dan meminimumkan resiko. Strategi inovasi / pengembangan produk baik merupakan kombinasi yang bersifat internal. Strategi inovasi merupakan art and science. Keberhasilannya tidak semata berdasarkan hal-hal yang seluruhnya dapat dikaji sebagai proses ilmiah. Aspek seni berstrategi bisnis yang lebih memerlukan imajinasi, kreatifitas, dan entrepreneurship, akan sangat menentukan kemampuan / kejelian perusahaan melihat peluang-peluang, memanfaatkannya secara optimal dan juga mempegaruhi keberhasilan perusahaan dalam mengatasi tantangan di sekitarnya.
Menjelang masa perdagangan bebas, peran pemerintah akan semakin pentinga dalam menciptakan dan menjamin iklim yang konduktif bagi perkembangan inovasi-inovasi diberbagai sektor, pesaingan pasar yang sehat, keberhasilan industrialisasi dan kesejahteraan bangsa melalui berbagai instrument kebijakan termasuk skema insentif bagi bidang penelitian dan pengembangan. Upaya pemerintah kearah ini tampak positif, terbukti dengan dikembangkannya antara lainpola-pola riset unggulan kemitraan ( RUK), venture capital dan technicalupgrading fund ( TUF ).
Strategi persaingan analogis dengan strategi membidik sasaran yang bergerak sepanjang waktu. Karena itu manajemen harus meningkatkan kemampuan pemanfaatan saluran umpan baliknya untuk penyelesaian arah strategi dalam memastikan ketepatan pembidikan sasaran.

Daftar Pustaka
1. Lilien G.L., dan E. Yoon, 2003, “The Timing of Competitive Market Entry: An Exploratory Study of New Industrial Products” Management Science. Vol.36. No 5, Providance.
2. Noori, Hamid, 2002, Managing the Dynamics of New Technology, Prentice Hall, New Jersey.
3. Porter, Michael. 2002, Competitive Advantage, The Free Press, New York.
4. Kotler, Philips, 2004, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid 1, PT Indek Kelompok Gramedia, Jakarta.

33 komentar:

  1. Keberhasilan produk baru sangat dipengaruhi oleh focus strategi perusahaan dengan kata lain strategi itu disebut dengan analisis SWOT yang dimana strategi itu menilai dari lingkungan internal dan eksternal perusahaan sehingga mendapatkan strategi-strategi yang dapat diambil perusahaan untuk menjadikan sumber kekuatan perusahaan.Dalam rangka memasuki pasar baru ada tiga alternatif strategi korporat yang biasa dijumpai:strategi pengembangan pasar, strategi ekspansi pasar, strategi diversifikasi.

    BalasHapus
  2. Cris Tefanus / 20208287 / 4EB01
    Persaingan dalam dunia bisnis pada jaman dunia modern ini sudah semakin ketat dan canggih. Para perusahaan berlomba dalam peningkatan di berbagai bidang salah satunya tegnologi yang bisa membawa kontribusi besar. Tidak bisa dipungkiri lagi semakin jaman modern, tegnologi pun semakin modern dan banyak perusahaan yang berlomba dalam berinovasi dalam tegnologi perusahaan mereka masing-masing dengan tujuan untuk memperpendek siklus produksi dan permintaan yang menginginkan produk semakin beragam dan unik. Manajemen strategi dalam hal ini sangat diperlukan. Tegnologi yang digunakan harus direncanakan sesuai dengan kebutuhan. Para ahli dan staff serta pemimpin-pemimpin perusahaan berlomba untuk menjadi yang terbaik. Semakin baik hasil produk yang dikeluarkan, semakin banyak permintaannya, berarti tegnologi yang digunakan oleh perusahaan tersebut dapat terbilang sebagai salah satu yang sukses. Sebagai contoh adalah tegnologi proses daur uang baja pada perusahaan baja “Nucor" (America) yang menginovasi “pabrik mini” sebagai daur ulang baja usang menjadi baru dan siap jual yang kemudian mendatangkan keuntungan lebih pada perusahaan.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  4. Lia Asri Lestari
    20208730
    4EB01

    Selain membuat strategi seputar produk yang akan dibuat/diproses/dijual, perusahaan juga harus memperhatikan salah satu hal lain yang juga penting dalam upaya mengembangkan strategi penjualan,yaitu teknologi. Karena dengan dipergunakannya suatu teknologi terbaru yang lebih baik dari sebelumnya oleh suatu perusahaan, akan turut mempercepat perkembangan usaha yang dijalankan tersebut. Kemajuan teknologi yang cepat saat ini juga turut mempengaruhi konsumen. Sebagai contoh, konsumen saat ini juga lebih senang terhadap sesuatu yang bersifat cepat dan praktis,hal itu dikarenakan aktivitas konsumen yang dianggap padat. Oleh karena itu suatu perusahaan diharapkan dapat tetap menciptakan produk atau jasa yang dapat memenuhi selera konsumen, Atas dasar tersebut Perusahaan pada akhirnya memiliki kesempatan untuk menciptakan sebuah inovasi terhadap produknya sebagai suatu upaya untuk mampu bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya dan tentunya perusahaan juga harus tetap menjaga kualitas produk yang mereka hasilkan, disamping kuantitas yang mereka hasilkan agar perusahaan tidak kehilangan pangsa pasar yang telah mereka harapkan sebelumnya.

    BalasHapus
  5. Ester Magdalena
    20208459
    4EB01

    Perusahaan yang dapat bersaing dalam era globalisasi adalah perusahaan yang mampu mengikuti pesatnya perkembangan teknologi.
    Saya sangat setuju dengan materi diatas yang mengatakan 'Inovasi Sebagai Instrumen Strategi'.. Perusahaan yang mampu terus melakukan inovasi dengan didukung adanya kreativitas, maka akan selalu menghasilkan produk yang sesuai dengan selera masyarakat pada saatnya sesuai dengan perubahan yang terjadi, sehingga masyarakat akan memberi respon yang baik terhadap produk dari perusahaan tersebut. Dikatakan juga 'Tugas penting manajemen dalam kaitan ini adalah mendesain suatu system yang menunjang keberhasilan pengenalan produk-produk baru.' Produk baru pastinya memiliki kualitas yang lebih baik dr produk sebelumnya, maka dibutuhkan adanya perkembangan atau inovasi terbaru dari teknologi yang ada sebelumnya. Manajemen harus mampu melihat dan memanfaatkan setiap peluang yang ada, sehingga inovasi atau keputusan yang ada dilakukan tepat pada waktunya.

    BalasHapus
  6. Sarrah Arifah /21208136/ 4EB01
    Teknologi adalah suatu hal yang tidak asing lagi untuk para pebisnis baik lokal maupun global. Tak jarang,para pebisnis mulai mengadakan terobosan baru untuk memperbarui produk mereka agar secara kuantitas,kualitas,harga dan kemasan dapat menarik perhatian konsumen.
    Namun,teknologi dan inovasi tidak akan bermanfaat apabila perusahaan tidak memiliki manajemen serta sumber daya yang baik. Untuk itu,di samping teknologi dan inovasi,perusahaan harus lebih memperhatikan sumber daya yang ada.
    Sebagai contoh, perusahaan ternama di texas,Southwest airlines corporation yang tidak hanya memperhatikan teknologi,melainkan lebih memusatkan perhatiannya pada karyawannya. Kerb Kelleher,CEO perusahaan tersebut,memiliki komitmen untuk mengutamakan karyawannya dengan memberikan bonus,memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja sampai mengajak karyawan untuk ikut andil dalam saham perusahaannya. Dengan karyawan yg loyal dan gembira tentunya akan melayani konsumen dengan baik pula.

    BalasHapus
  7. Dessy Asri Ryanti
    20208332
    4EB02

    Perubahan-perubahan ekonomi, politik, teknologi yang terjadi dewasa ini menuntut sebuah perusahaan bersifat dinamis, kreatif , dan kuat. Dinamis yang dimaksudkan adalah tidak bersifat monoton dan biasa, hal ini berlaku dalam penjangkauan pasar baru dan menyikapi perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat yaitu, Perubahan ekonomi, sosiologi & demografi, teknologis, politis, serta perubahan lain yang dapat terjadi melalui praktek-praktek pasar, standart profesi, pemasok, dan distributor. Sedangkan,kreatif yang dimaksudkan dari segi penciptaan produk baru (inovasi) dan ekspansi usaha. Penciptaan produk baru (inovasi) dan ekspansi usaha juga harus memperhatikan beberapa hal seperti: inovasi sebagai instrumen strategi, keunggulan / kompetensi manajemen, timing suatu inovasi. Dan yang dimaksudkan dengan perusahaan yang kuat adalah perusahaan yang dapat bertahan walaupun beberapa masalah ekonomi menerpa, tetap dapat berdiri eksis dengan menerapkan manajemen strategi dalam pengelolaan perusahaan.

    BalasHapus
  8. Miranty Nurhayati
    20208809
    4EB02

    Dengan adanya perkembangan zaman serta daya kreativitas manusia yang semakin meningkat, maka akan menciptakan peluang usaha yang menguntungkan. Dalam dunia bisnis, perusahaan dapat mengolah produk dengan baik dengan adanya teknologi. Teknologi ini dapat memberikan peluang dan kesempatan untuk perusahaan sebagai media yang dapat mempermudah untuk menciptakan produk yang kreatif, memberikan inovasi yang dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya. Para pebisnis harus dapat memiliki kerangka konseptual dalam mengembangkan produk baru yaitu diantaranya segmenting, targeting, positioning, dan strategi pemasaran.

    BalasHapus
  9. Dwi Oktaviani Anwar
    20208402
    4EB02

    Perkembangan zaman yang belum ada teknologi sampai adanya teknologi, sehingga pada zaman sekarang banyak perusahaan yang menggunakan teknologi sebagai media yang digunakan untuk pengambilan keputusan, mengolah sumber daya yang ada dan sebagai inovasi untuk perusahaan tersebut.dukungan managemen pun sangat penting dalam mengelola kegiatan operasional perusahaan dan perusahaan pun harus memiliki strategi yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan.

    BalasHapus
  10. Ignatius Maurits
    20208608
    4EB02

    Perkembangan zaman yang semakin cepat maka perkembangan teknologi pun semakin berkembang. Di zaman seperti ini perusahaan di tuntut untuk mengembangkan teknologi dan inovasi secara tepat, agar para customer pun dapat di mudahkan dan menjadi loyal terhadap perusahaan, bila tidak maka lama kelamaan para customer perusahaan tersebut akan pindah ke perusahaan lain yang mempunyai nilai lebih dalam kemudahan teknologinya. Perusahaan akan mempunyai "nama" atau brand image yang akan baik bila terus melakukan inovasi dalam teknologinya dan harus melakukanya pada timing yang tepat, maka dari itu manajemen strategik dalam hal teknologi sangat dibutuhkan, karenan keunggulan teknologi akan memperoleh keuntungan pula.

    BalasHapus
  11. FAISAL ARIEF S
    21208531
    4EB02

    Perusahaan memang dituntut untuk terus melakukan inovasi dalam pemanfaatan teknologi canggih demi menciptakan produk yg selalu terdepan. Perusahaan yg terus maju dalam bidang teknologi terbaru akan menjadikan perusahaan tersebut sebagai leader dalam bisnis tersebut. Akan tetapi teknologi yg canggih harus di barengi dengan pemanfaatannya yg lebih bertanggung jawab dan baik, yaitu digunakan oleh sumber daya manusia yg dapat menggunakannya dengan maksimal dan memiliki skill yg cukup.

    BalasHapus
  12. Muhammad Addin Faesal
    20208834
    4EB02

    Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam dunia berbisnis terdapat berbagai macam masalah, kendala, maupun hambatan dalam menjalankan suatu perusahaan bisnis seperti :
    1. Perubahan ekonomi
    2. Perubahan sosiologi dan demografi
    3. Perubahan teknologis
    4. Perubahan politis
    5. Perubahan lain yang dapat terjadi melalui praktek-praktek pasar, standart profesi, pemasok, dan distributor.
    Untuk itu diperlukan suatu strategi inovasi dalam menjalankan perusahaan tersebut agar perusahaan tersebut dapat terus berkembang dan menghasilkan profit yang diinginkan karena kembali lagi, Strategi inovasi merupakan art and science. Keberhasilannya tidak semata berdasarkan hal-hal yang seluruhnya dapat dikaji sebagai proses ilmiah. Aspek seni berstrategi bisnis yang lebih memerlukan imajinasi, kreatifitas, dan entrepreneurship, akan sangat menentukan kemampuan / kejelian perusahaan melihat peluang-peluang, memanfaatkannya secara optimal dan juga mempegaruhi keberhasilan perusahaan dalam mengatasi tantangan di sekitarnya.

    BalasHapus
  13. Sharralisa (21208159/4EB02)

    Didalam dunia bisnis diperlukan adanyanya berbagai inovasi yang berbeda dari yang lainnya. Dalam dunia bisnis pasti akan ada permasalahan didalam perusahaan maupun diluar perusahaan (internal/eksternal). Maka diperlukan strategi inovasi untuk mengatasi permasalahan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pada prinsipnya strategi-strategi bisnis mempunyai sasaran pada masalah sekitar persaingan. Persaingan bisnis yang sehat semestinya dipandang sebagai upaya positif yang dilakukan perusahaan yang bersangkutan memiliki keunggulan relative atas pesaingnya. Dalam persaingan bisnis modern, sasaran strategi bisnis tidak cukup hanya sebatas pada kelangsungan hidup perusahaan ditengah persaingan yang semakin ketat, tetapi lebih penting lagi adalah keunggulan yang berkelanjutan.

    BalasHapus
  14. Febri Satryo Prima Wicaksono (20208489) 4EB02

    Dalam dunia bisnis sekarang, makin cepat info yang kita dapat, dan persaingan pun semakin pesat, tak akan pernah ada susatu perusahaan yang mengalami kemajuan tetapi masih memakai teknologi yang lama, pasti kemajuan suatu perusahaan juga di barengi dengan kemajuan dalam segala bidang seperti teknologi, dan pola pikir dari para pemimpin suatu perusahaan yang ada. Inovasi juga sangat perlu dilakukan karna sifat dasar manusia yang mempunyai sifat dasar bosan dan tidak suka dengan 1 hal itu saja dalam hidupnya, pasti dia mempunyai rasa bosan juga, maka dari itu untuk mempertahankan perusahaannya harus melakukan inovasi inovasi yang sangat briliant.

    BalasHapus
  15. Reckyaldi Nugraha (21208011 / 4EB02)

    Suatu inovasi sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis sekarang. Karena kita melihat semakin banyaknya para pesaing yang ada dengan melakukan inovasi-inovasi yang baru dalam menjalankan bisnisnya, jadi suatu inovasi sangat dibutuhkan untuk kemajuan perusahaan dimasa yang akan datang, conthnya dengan membuat atau memakai teknolgi-teknologi baru yang baru muncul. dan untuk menjalan kan inovasi juga diperlukan ide ide yang cemerlang dengan melihat para pesaing..

    BalasHapus
  16. Muhamad Iqbal Aditya (20208849 / 4EB02)

    Teori bisa mengatakan bahwa inovasi teknologi memang dibutuhkan oleh perusahaan namun pada kenyataannya perusahaan harus bisa memanage dana dan lebih berhati-hati agar beban tidak lebih besar dari pendapatan dan peluang pasar yang diraih.

    BalasHapus
  17. Nama : Anissa Nur. A. S
    NPM : 21208499
    Kelas : 4EB01

    Di Indonesia, perubahan-perubahan ekonomi, politik dan teknologi semakin cepat dan terasa. Untuk itu, perusahaan hendaknya mulai memikirkan langkah kedepannya guna terus beroperasi. Salah satunya yaitu dengan melakukan inovasi-inovasi baru pada produk yang diproduksinya. Untuk memberikan produk yang laris dipasaran, perusahaan memerlukan inovasi yang tak pernah mati karena tiap harinya banyak pesaing yang meluncurkan produk-produk baru yang inovatif yang dapat mengancam kelangsungan hidup perusahaan.
    Dalam melakukan inovasi, perusahaan harus melihat beberapa aspek antara lain aspek manejemen dan aspek keuangan. Dengan melihat kedua aspek ini, perusahaan akan dapat menilai sejauh mana perusahaan tersebut mampu bersaing.

    BalasHapus
  18. Elin Septiana
    20208431
    4EB02


    Dalam berbisnis, inovasi sangat diperlukan. Karena tanpa berinovasi, perusahaan tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan lain yang selalu melakukan inovasi terhadap produknya. Dan pada era sekarang ini, inovasi tidak hanya melihat kebutuhan dalam pangsa pasar, tetapi juga melihat bagaimana teknologi sudah menguasai pangsa pasar. Jadi perusahaan harus bisa melihat peluang dari perkembangan teknologi yang sudah semakin maju dalam berinovasi. Agar persahaan bisa dapat bertahan dan bersaing dengan perusahaan yang lainnya.

    BalasHapus
  19. Widi Yogo P
    21208283
    4EB01


    Berinovasi merupakan hal yang utama untuk mempertahankan perusahaan dalam persaingan pasar. Harus memperhatikan aspek-aspek tertentu dalam berinovasi, salah satunya adalah aspek teknologi. Karena pada sekarang ini, perkembangan teknologi semakin pesat. Jika perusahaan tidak mengikuti perkembangan zaman, bukan tidak mungkin perusahaan tidak mampu bertahan dalam persaingan yang ada.

    BalasHapus
  20. wahyudi pratama/21208276/4EB01

    Didalam berbisnis kita perlu melakukan perubahan-perubahan dalam mengembangkan produk dengan cara berinovasi yang dapat meningkatkan kualitas produk lebih baik yang mampu bersaing dengan perusahaan lain. inovasi tersebut merupakan hal yang sangat diperlukan untuk berbisinis didalam suatu persaingan pangsa pasar yang semakin ketat.inovasi bisa timbul melalui terobosan-terobosan baru seperti membuat atau memakai teknologi yang lebih maju dan melakukan proses pendataan dalam bisnis secara terkomputerisasi,serta berinovasi dalam meningkatkan ekonomi suatu perusahaan (bisnis) kita perlu memperhatikan beberapa aspek-aspek penting yang mempengaruhinya (aspek manajemen dan aspek keuangan).

    BalasHapus
  21. feny febriandi
    20208501
    4eb02

    menurut saya teknologi dan inovasi tidak akan bermanfaat apabila perusahaan tidak memiliki manajemen serta sumber daya yang baik. Untuk itu,Dalam dunia bisnis, perusahaan dapat mengolah produk dengan baik dengan adanya teknologi.dalam menjalankan perusahaan tersebut agar perusahaan tersebut dapat terus berkembang dan menghasilkan profit yang diinginkan karena Strategi inovasi merupakan art and science.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  23. Haris Umarsyah
    20208569
    4EB01
    Menurut saya dlam menciptakan sebuah inovasi, Anda juga perlu menyesuaikannya dengan perkembangan teknologi yang sedang booming saat ini. Hal ini penting agar bisnis Anda tidak ketinggalan jaman dan berani bersaing dengan perusahaan lain. Untuk itu, lakukan riset secara rutin agar Anda bisa memantau perkembangan teknologi yang sedang booming, dan manfaatkan moment tersebut untuk menciptakan ide brilian guna menarik minat pelanggan.
    Perusahaan
    denganinovasi besar akan lebih berhasil dalam merespon lingkungan
    dan mengembangkan
    kemampuan baru yang mendukung strategi keunggulan bersaing berkelanjutan.

    BalasHapus
  24. Budhi Rahayu
    20208261
    4EB02

    Menurut saya, inovasi dalam berbisnis sangat penting. karena dengan adanya inovasi tercipta ide-ide atau karya baru, salah satunya adalah dalam bidang teknologi.Karena pada saat ini, perkembangan teknologi semakin pesat. Jika perusahaan tidak mengikuti perkembangan teknologi, maka perusahaan tersebut akan tertinggal oleh perusahaan lainnya dan tidak mampu bertahan dalam persaingan yang ada.

    BalasHapus
  25. Dwi Prasetyo Wibowo ( 20208403 / 4EB02 )

    Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam dunia berbisnis diperlukan adanyanya berbagai inovasi, karena inovasi merupakan hal yang utama untuk mempertahankan perusahaan dalam persaingan pasar sebab inovasi dapat meningkatkan kualitas produk lebih baik yang mampu bersaing dengan perusahaan lain. maka dalam melakukan inovasi, perusahaan harus melihat beberapa aspek Dengan melihat beberapa aspek, perusahaan akan dapat menilai sejauh mana perusahaan tersebut mampu bersaing.

    BalasHapus
  26. Fritzkia Ifsantine El'maz
    21208428
    4EB02

    Dalam dunia bisnis perlu banyak sekali inovasi agar suatu perusahaan bisa berkembang,tetap bertahan. Selain itu perusahaan harus melihat timing waktu dalam dunia bisnis,yaitu menunjukan keunggulan dari produk yang akan dihasilkan supaya para konsumen tertarik dan menjadi pelanggan tetap.

    BalasHapus
  27. Fadlillah Firdaus
    20208470
    4EB01

    Perkembangan dunia saat ini termasuk dunia usaha telah memasuki gelombang kehidupan yang sangat cepat mengalami perubahan, contoh sederhana adalah teknologi Informasi, handphone dengan teknologi paling baru dalam beberapa bulan sudah akan tergusur dengan teknologi yang lebih baru.
    Dalam dunia bisnis sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perkembangan teknologi, perubahan pasar sangat cepat mengalami perubahan.Produk yang saat ini laku di pasaran bisa jadi bulan depan sudah akan ditinggalkan karena modelnya sudah tidak disukai. Dengan demikian menjadi penting bagi pelaku bisnis melakukan inovasi sesegera mungkin, bahkan mengantisipasinya sebelum produk lama tidak laku lagi di pasaran. Budaya inovasi bagi pelaku bisnis menjadi hal yang penting bagi kelangsungan hidupnya baik untuk usaha kecil maupun menengah . Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa inovasi adalah salah satu faktor yang diperlukan bagi keberhasilan dan manajemen strategi yang diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat ini ketika era informasi berkembang pesat, maka inovasi merupakan salah satu senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha.

    BalasHapus
  28. Arum Pramuningtyas /20208196 / 4eb01


    Agar dapat bertahan dalam dunia usaha, perusahaan dituntut untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Melakukan inovasi produk merupakan salah satu cara agar perusahaan dapat bersaing dalam dunia usaha saat ini. Kata inovasi dapat diartikan sebagai “proses” dan atau “hasil” pengembangan dan/atau pemanfaatan / mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama ekonomi dan sosial). Jenis Inovasi Inovasi terdiri dari empat jenis, yaitu :
    a. Penemuan. Kreasi suatu produk, jasa, atau proses baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Konsep ini cenderung disebut revolisioner. Ex, penemuan pesawat terbang oleh wright bersaudara, telepon oleh alexander graham bell dll.
    b. Pengembangan. Pengembangan suatu produk, jasa, atau proses yang sudah ada. Konsep seperti ini menjadi aplikasi ide yang telah ada berbeda. Misalnya, pengembangan McD oleh Ray Kroc.
    c. Duplikasi. Peniruan suatu produk, jasa, atau proses yang telah ada. Meskipun demikian duplikasi bukan semata meniru melainkan menambah sentuhan kreatif untuk memperbaiki konsep agar lebih mampu memenangkan persaingan. Misalnya, duplikasi perawatan gigi oleh Dentaland.
    d. Sintesis. Perpaduan konsep dan faktor-faktor yang sudah ada menjadi formulasi baru. Proses ini meliputi engambilan sejumlah ide atau produk yang sudah ditemukan dan dibentuk sehingga menjadi produk yang dapat diaplikasikan dengan cara baru. Misal, sintesis pada arloji oleh Casio. Elemen Penting dalam Strategi Inovasi Produk.

    Pengembangan teknologi merupakan salah satu cara perusahaan melakukan inovasi. Pemanfaatan potensi teknologi cangih yang luar biasa dan menyalurkannya bagi kesejahteraan ekonomi kini yang menjadi kunci ketahanan berbagai perusahaan. Namun perkembangan teknologi tersebut tidak membutuhkan biaya yang sedikit. Perusahaan harus dengan matang menetapkan strategi yang akan dijalankan oleh perusahaan dalam pengembangan teknologi tersebut. Selain itu perusahaan juga dituntut untuk memperhatikan elemen penting dalam strategi inovasi produk.

    Dari referensi lain, saya mendapatkan contoh inovasi produk. Contoh inovasi adalah Layanan korporat dari XL.Persaingan antar operator telepon mobile, dan juga antara GSM dan CDMA membuat XL melirik ke pasar korporat. Perusahaan ini meluncurkan layanan Office Zone dan GSM PABX yang cukup inovatif. Lewat fasilitas terbaru XL tersebut, XL berfungsi sebagai “extention” sistem komunikasi perusahaan. Staf perusahaan yang memakai layanan ini bisa menelepon ke kantor pusat tanpa dikenakan biaya sama sekali selama masih berada pada zona yang ditentukan. Keluar dari zona tersebut, dikenakan biaya flat fee yang masih cukup murah. Solusi ini termasuk inovatif karena didasarkan atas kebutuhan korporat yang selama ini jarang diperhatikan. Solusi ini juga mampu menghemat biaya komunikasi korporat, dan sekaligus menjamin pendapatan untuk XL dari segmen yang cukup loyal tersebut.
    Kegiatan eksebisi XL tersebut didukung sejumlah mitranya yang menyediakan berbagai solusi telekomunikasi baik yang bersifat fixed, mobile ataupun fixed and mobile convergence (FMC) communications. Antara lain Siemens, Ericsson, CPN, Palm, Dopod, Sony Ericsson, Nokia, Datacomm, Packet System Indonesia , Lintas Teknologi, PT Inti, Inov, Cisco, MLW.

    REFERENSI : http://initugasku.wordpress.com/2010/03/03/definisi-inovasi/

    BalasHapus
  29. Nama : Hana Octavia
    Kelas : 4EB02
    Npm : 21208541


    Inovasi merupakan salah satu kunci dalam bisa bertahannya di era globalisasi ini. Dengan inovasi yang terus di kembangkan oleh suatu perusahaan maka perusahaan tersebut bisa lebih meningkatkan lagi mutu, kuatitas dari suatu produk, menambah suatu fungsi produk atau membuat baru produk sehingga masyarakat (konsumen) akan merasa puas karena banyak pilihan/alternatif dan diuntungkan juga.

    BalasHapus
  30. Nama : Nela Apriani
    Kelas : 4EB02
    Npm : 21208388

    Didalam era globalisasi sekarang ini memang diperlukan suatu strategik baru untuk dapat mempertahankan perusahaannya dalam menghadapi semua pesaing. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat suatu inovasi merupakan salah satu jalan terbaik menghadapi perkembangan jaman ini. karena dengan berinovasi suatu yang baru dapat membawa perubahan dan dampak baru bagi masyarakat untuk mempertahankan eksistensi perusahaan.

    BalasHapus
  31. Susanti Kusumo Sari
    28210025
    4EB02
    Dalam suatu strategi inovasi di masa yang sekarang ini memang sangat penting tidak hanya itu saja, kemampuan perkembangan teknologi dan produk dalam membangun kekuatan persaingan juga diperlukan untuk kemajuan suatu perusahaan atau pun bisnis jenis apapun yang akan dijalankan atau pun yang sedang dijalankan. Dengan begitu kita tidak ketinggalan jaman dan update sesuai perkembangan yang ada untuk memperoleh tujuan yang telah direncanakan dari awal.
    Maka dari itu, kita lebih dituntut untuk selalu berpikir kreatif dan bekerja keras untuk selalu menemukan ide-ide yang beda dari biasanya tetapi dapat tetap menghasilkan sesuatu yang berguna untuk kita dan orang-orang yang ada disekitar kita. Baik untuk orang dari berbagai kalangan manapun dan apapun tidak ada perbedaan dalam jenis apapun.

    BalasHapus
  32. Hesti Yustina
    20208596
    4eb01

    Persaingan di tengah perkembangan teknologi tidak gampang. Inovasi lagi-lagi menjadi hal penting untuk bisa terus berada di jalur persaingan. Pemikiran jangka panjang penuh kreativitas menjadi hal yang banyak diburu.

    Lagi-lagi saya mengambil contoh kasus samsung yang mngembangkan ponsel android-nya. Handphone dengan teknologi canggih tapi memiliki harga yang murah. Contoh real nokia, walau mungkin ada perbaikan dalam perbaharuan fitur tapi kalah jauh dalam masalah teknologi dengan samsung.

    inilah persaingan dunia usaha, hari ini selain modal,faktor pengembangan teknologi merupakan sesuatu yang jelas tidak bisa di pandang sebelah mata.

    Kreativitas dalam berinovasi menjadi strategi yang sangat jitu.

    BalasHapus
  33. firmansyah
    20208515
    4EB02

    Di era globalisasi seperti ini kemajuan teknologi sudah menjadi suatu hal yang mutlak di berbagai bidang terutama dalam bidang industri,Perusahaan dituntut untuk mengembangkan strategi yang lebih efektif serta efisien sehingga membutuhkan pemikiran dan konsep,salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi baru untuk menunjang berjalannya operasional perusahaan.

    BalasHapus