STRATEGI INOVASI TEKNOLOGI DAN PRODUK DALAM
MEMBANGUN KEKUATAN PERSAINGAN
Waktu menjadi parameter yang paling dalam rangka mencapai keunggulan
bersaing. Manajemen waktu mempunyai relevansi langsung dengan kecepatan,
yang membawa menfaat besar pada perusahaan. Kecepatan akan meningkatkan
kapasitas, kualitas, frekuensi, kecanggihan, keterjangkauan dan
kemudahan pada perusahaan.
Perhatian pelaku bisnis saat ini nampaknya semakin terfokus pada
fenomena bersaing perusahaan yang yang cederung berubah dari waktu ke
waktu. Dan kenyataan persaingan membawa persaingan menjadi kata kunci
yang tidak pernah usang untuk dianalisis. Perusahaan dituntut untuk
mengembangkan strategi yang lebih efektif serta efisien sehingga
membutuhkan pemikiran dan konsep yang lebih fundamental dengan melihat
apa yang menjadi dasar persaingan. Kunci kesuksesan terletak pada
kejelian perusahaan dalam menentukan parameter dasar serta meramunya
menjadi keunggulan bersaing. Keunggulan tidak terbatas pada parameter
langsung, tetapi lebih jauh lagi perlu diperhatikan parameter tak
langsung dan lebih mendasar yang mempunya kontribusi besar pada
parameter lainnya.
Permasalahan
Perubahan-perubahan ekonomi, politik, teknologi yang terjadi dewasa
ini, terutama perkembangan tteknologi informasi, praktis telah membuat
hamper seluruh bagian di muka bumi dapat dijangkau. Peristiwa yang
terjadi di suatu tempat dapat tersebar cepat ke seluruh penjuru dunia.
Pergolakan politik, kecelakaan industri, mode-mode baru serta terobosan
teknologi yang terjadi dalam masyarakat tertentu dapat mempengaruhi
masyarakat lainnya melalui berbagai cara. Oleh karena itulah perusahaan
perlu memandang dunia sebagai satu lingkungan global yang dinamis.
Pihak manajemen tidak lagi bias mengingkari bahwa perusahaannya berada
ditengah lingkungan global yang mau tidak mau wajib dipertimbangkannya
dalam mengambil keputusan-keputusan bisnisnya. Dalam merumuskan strategi
yang efektif, perusahaan modern dituntut untuk mampu
mengidentifikasikan jenis-jenis keputusan mendasar yang dihadapinya.
Keputusan strategis seringkali ditekankan pada masalah hubungan antara
organisasi / perusahaan dengan lingkungan bisnisnya.
Dalam kontek yang lebih sempit lingkunpnya adalah sekitar posisi produk
pasar perusahaan yang bersangkutan. Hakekatnya, uapaya pemenuhan /
pemuasan keinginan pasar / konsumen oleh perusahaan oleh perusahaan
dituangkan melalui produk ( barang atau jasa ) yang dihasilkan. Secara
umum ada lima factor yang mempengaruhi peluang / kesempatan pasar bagi
suatu produk, yaitu :
1. Perubahan ekonomi
2. Perubahan sosiologi dan demografi
3. Perubahan teknologis
4. Perubahan politis
5. Perubahan lain yang dapat terjadi melalui praktek-praktek pasar, standart profesi, pemasok, dan distributor.
Teknologi memang bukan satu-satunya jaaban untuk semua masalah bisnis,
tetapi sejarah menunjukan bahwa penerapan teknologi turut menentukan
nasib ekonomi perusahaan. Secara garis besar dampak pasar dari era
perubahan teknologi yang cepat dan mengarah pada otomatisasi.
1. Siklus hidup pemasaran untuk produk-produk semakin pendek sehinga sesain-desain baru harus berganti cepat.
2. Pasar menuntut semakin beragamnya produk tanpa meningkatkan volume.
Artinya prabrik harus memproduksi jumlah yang lebih sedikit untuk setiap
produk.
3. Pasar menjadi ‘peka waktu’ yang mnuntut penyediaan produk yang tepat
waktu. Persaingan atas waktu ( time-based competition ) ini memiliki
arti bahwa perusahaan harus memproduksi barang yang lebih kecil pada
jadual yang terkendali.
4. Pasar menjadi ‘peka ongkos’ yang mengharapkan menurunkan titik impas.
Karena itu kemampuan produksi yang sangat efisien dengan mutu dan
keandalan yang tinggi sangat dibutuhkan.
Teknologi baru memperlihatkan karakteristik yang mencolok khas atas
kemempuannya. Kini yang menjadi kunci ketahanan berbagai perusahaan
adalah kemampuan dalam memanfaatkan potensi teknologi cangih yang luar
biasa dan menyalurkannya bagi kesejahteraan ekonomi. Terlepas berhasil
atau tidaknya implementasi teknologi akan selalu muncul
implikasi-implikasinya, seperti ketenagakerjaan, dana dan alokasi sumber
dana lainnya.
Pembahasan
Perspektif: Keunggulan dalam Persaingan
Idealnya, pengembangan strategi perusahaan yang efektif dan efisien
tidak cukup hanya melalui pendekatan yang terpilah-pilah tetapi harus
menyeluruh sebagai satu kesatuan yang utuh dalam kontek yang relevan.
Pendekatan system menuntut pemahaman keseluruhan interaksi antara
berbagai elemenpenting yang mempengaruhi persaingan. Persaingan pada
hakekatnya merupakan proses dinamis karena daur ulang formulasinyadan
implementasi strategi bisnis perusahaan melalui pengembangan
instrument-instrumen strategis persaingan.
Pada prinsipnya strategi-strategi bisnis mempunyai sasaran pada masalah
sekitar persaingan. Persaingan bisnis yang sehat semestinya dipandang
sebagai upaya positif yang dilakukan perusahaan yang bersangkutan
memiliki keunggulan relative atas pesaingnya. Dalam persaingan bisnis
modern, sasaran strategi bisnis tidak cukup hanya sebatas pada
kelangsungan hidup perusahaan ditengah persaingan yang semakin ketat,
tetapi lebih penting lagi adalah keunggulan yang berkelanjutan.
Keunggulan demikianlah yang pada gilirannya mendapatkan ganjaran (
reward ) yang layak ( seperti keuntungan, peningkatan pangsa pasar,
loyalitas konsumen dsb )sesuai dengan upaya positifnya.
Inovasi Sebagai Instrumen Strategi
Kecepatan suatu organisasi menadopsi teknologi baru dipengaruhi oleh
lingkungan persaingan dari industri yang bersangkutan. Lingkungan
tersebut pada gilirannya ditentukan oleh pertimbangan-pertimbangan
social, politik, ekonomi dan akan meliputi berbagai faktor antara lain
nilai-nilai konsumen, daur hidup produk dan karakteristik industri atau
pasar. Daur hidup produk merupakan ukuran relative yang bisa terjadi
dalam skala jam, bulan ataupun tahun. Tugas penting manajemen dalam
kaitan ini adalah mendesain suatu system yang menunjang keberhasilan
pengenalan produk-produk baru.
Tidak bisa disangkal bahwa perkembangan waktu menunjukan adanya
kecenderungan umum yaitu daur hidup produk yang semakin pendek. Karena
itu tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa kata kuci dalam persaingan
usaha sat ini adalah bahwa manajemen harus bergerak kea rah pengambilan
keputusan yang lebih cepat, implmentasi yang lebih cepat dan tepat
secara sekaligus.
Gambar 1. Lingungkan Bisnis demikian pada gilirannya menuntut tingginya
fleksibilitas proses produksi yang dimiliki oleh perusahaan modern.
Gambar 1. Pengaruh dan kecenderungan Utama
Karena itu pengembangan produk dalam system produktif
modern menjadi semakin penting dalam mempertahankan kelangsungan hidup (
survival ) dan membangun keunggulan organisasi tersebut di tengah
pesaingan yang semakin ketat. Mereka yang berhasil mengembangkan
produk-produk baru secara lebih cepat yang akan memiliki keunggulan
kompetitif dari para pesaingnya. Inovator yang mampu memperkenalkan
produk lebih cepat memiliki keuntungan antara lain karena dapat
memanfaatkan teknologi terbaru. Selain itu mereka juga mendapatkan
pengalaman berguna dalam banyak hal seperti dalam desain, pengujian,
pembuatan dan pengenalan produk-produk baru. Hal yang tidak kalah
pentingnya adalah bahwa para innovator biasanya mampu belajar lebih
cepat. Dilain pihak, organisasi juga perlu mempertimbangkan dan mengatsi
adanya kemungkinan resiko menjadi inovator.
Elemen Penting dalam Strategi Inovasi Produk :
Dalam perumusan strategi inovasi produk, selain pertimbagan atas
faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan strategi
posisi “ kepemimpinan “ ( leadership ) dalam pasar. Ketiga faktor-faktor
tersebut harus dikaji dengan cermat oleh organisasi. Sedangkan elemen
penting dalam inovasi produk diantaranya kompetensi manajemen, produk
baru harus memberikan nilai, keberhasilan produk baru dipengaruhi oleh
focus strategi, komitmen manajemen, lingkungan pasar dan timing ( tepat
waktu ).
Tujuan dari strategi produk adalah memastikan keunggulan kompetitif
bagi produk bersangkutan. Strategi produk berhubungan dengan pemilihan,
penjabaran dan desain produik yang akan disampaikan kepada konsumen .
Tentu saja keberhasilan pengembangan suatu produk sangat dipengaruhi
oleh berbagai faktor penting seperti kemampuan manajerial, ketrampilan
teknologi, sumber dana financial dan sumber daya manusia yang tersedia.
Keberhasilan dalam pengembangan produk merupakan isu manajemen yang
penting bagi perusahaan modern, terutama dalam technology driven
industries. Pemahaman yang baik atas faktor-faktor yang mendorong
keberhasilan produk dapat membantu suatu perusahaan memfokuskan berbagai
sumberdaya penelitian dan pengembangan yang penting dan
mendayagunakannya secara baik dalam proses penyampaian produk dan
meningkatkan permintaan bagi produk barunya.
Tabel 1. Kerangka untuk mengidentifikasikan kelayakan kepemimpinan teknologi.
Kesinambungan kepemimpinan teknologi.
Keuntungan Inovator
Kerugian Inovator Variabel yang mendukung kepemimpinan teknologi
- Teknologi dikembangkan did lam perusahaan.
- Biaya H & D yang tinggi menghalangi pesaing menjalankan strategi sebagai pemimpin.
- Tingginya ketrampilan teknologi dibanding dengan pesaing.
- Tingkat difusi teknologi yang rendah di dalam perusahaan.
Variabel yang mendukung kepemimpinan teknologi
- Reputasi sebagai pionir / pemimpin
- Kesempatan lebih awal dalam memperoleh posisi pasar yang menarik.
- Biaya perubahan ‘ switching’ bagi konsumen
- Pilihan akses pada saluran pasar yang utama
- Kelebihan dalam pengalaman belajar
- Kesempatan menentukan standart teknologi
- Hambatan kelembagaan seperti hak paten.
Variabel yang menghambat kepemimpinan teknologi
- Biaya yang tinggi sebagai innovator
- Ketidakpastian permintaan.
- Perubahan dalam keinginan pembeli yang dapat membuat teknologi tak berguna.
- Ketidakmampuan atan biaya tinggi untuk merevisi atau menyesuaikan teknologi.
- Kemungkinan rendahnya biaya tiruan/ imitasi
Keunggulan / kompetensi manajemen sangatlah menentukan keberhasilan produk.
Kemungkinan keberhasilan produk baru akan lebih baik jika
direncanakan dan diimplementasikan dengan baik. Perencanaan tersebut
meliputi penelitian, pengembangan, rekayasa, manufaktur dan pengenalan
pasar. Lini fungsional haruslah berinteraksi dan mengkoordinasikan
berbagai aktivasi selama proses pengembangan. Keterkaitan antara bagian
penelitian dan pengembangan dengan kelompok fungsional lainnya,
khususnya pemsaran dan manufaktur sangatlah diperlukan. Keterkaitan
dengan bagian pemasaran sangat penting terutama untuk memastikan bahwa
peusahaan memahami kebutuhan konsumen dan mampu menjabarkannya menjadi
jawaban bagi konsumen. Hubungan dengan bagian manufaktur perlu karena
semakin pentingnya operasi-operasi yang efektif dan efisien, akan
menjadi suatu sasaran yang tidak mungkin / sulit dicapai kecuali jika
desain manufaktur merupakan bagian integrasi dari tujuan pengembangan
produk.
Dalam kaitan ini, strategi proses yang berkaitan dengan pendekatan yang
dilakukan oleh suatu organisasi dalam mentransformasikan
sumberdaya-sumberdaya menjadi produk barang atau jasa sangatlah penting.
Tujuan dari strategi proses adalah merumuskan cara memproduksi barang
atau jasa pelayanan yang memenuhi kewinginan konsumen dan spesifikasi
produk sesuai dengan kendala biaya dan kendala manajerial lainnya.
Keputusan proses sangatlah penting karena akan mempunyai dampak jangka
panjang pada efisiensi dan produksi, fleksibilitas, biaya dan mutu
produk yang dihasilkan.
Tiga aspek utama fleksibilitas produksi perlu mendapat perhatian manajemen yaitu :
1. Fleksibilitas produk ( inovasi produk, respon terhadap variasi
penjualan variasi penjualan dan mutu yang tinggi dan konsisten ).
2. Fleksibilitas infrastruktur ( implementasi perubahan teknologis ).
3. Fleksibilitas proses ( keragaman lini produksi, lead time yang
pendek, respon terhadap perubahan, spesifikasi yang diinginkan konsumen,
keandalan delivery, pengurangan kerugian ).
Manajemen harus senantiasa melakukan pengurangan-pengurangan
aktivitas-aktivitas atau hal-hal yang selalu mempunyai dampak terhadap
biaya tetapi tidak memberikan kontribusi terhadap nilai tambah produk.
Upaya peningkatan efisiensi harus diimplementasikan pada proses secara
keseluruhan mulai dari isu-isu yang berkaitan dengan desain, perencanaan
produksi, pengurangan lead time di semua tahapan proses hinga delivery
produk ke pasar.
Keberhasilan implementasi dari konsep Just-in Time ( JIT ) dalam
perusahaan modern merupakan hal yang mutlak bagi perusahaan dalam
situasi Time-based competition. Manajemen harus mampu memanfaatkan
kelebihan atas ukuran relative perusahaannya ( kecil, menengah ataupun
perusahaan besar ), dengan mempehatikan aspek-aspek economies of scale,
economies of scope, dan economies of integration system produktif yang
dimilikinya.
Produk Baru harus mampu memberikan nilai / manfaat penting kepada konsumen.
NIlai atau manfaat dapat diukur melalui melalui berbagai dimensi.
Dimensi nilai tersebut dapat meliputi funsi / guna, kinerja (
performance ), harga / biaya ( cost ), cirri / keistimewaan ( feature ),
keandalan ( reliability ), kesesuaian ( conformance ), daya tahan (
durability ). Pelayanan ( serviceability ), estetika ( esthetics ), dan
citra mutu ( perceived quality ). Sudah barang tentu kemempuan
perusahaan dalam memahami keinginan konsumen sangatlah kritis dalam hal
ini.
Implementasi yang tepat Totak Qualitymanagement ( TQM ) yang
masyaratkan bahwa prinsip manajemen mutu ( dalam arti luas ) harus
diterapkan pada setiap bagian dan setiap tingkat organisasi dan mencakup
pemasok serta pelangga, akan sangat menentukan keberhasilan produk.
Keberhasilan produk baru sangat dipengaruhi oleh focus strategi
Perusahaan harus mengembangkan rencana kegiatan berdasarkan
kemampuan teknologi, pemasaran dan kompetensi organisasi / manajemen
yang dimiliki. Produk-produk yang berkaitan memungkinkan perusahaan
untuk dapat mengunakan dan mengembangkan lebih lanjut kemampuan
teknologi yang dimiliki serta memanfaatkan sumber-sumber informasi dan
jaringannya ( internal maupun eksternal ). Hal ini tidak berarti bahwa
perusahaan tidak perlu memasauki pasar atau bidang teknis yang sama
sekali baru. Hanya saja resiko atas usaha yang sama sekali baru perlu
diminimalkan dengan mengurangi dimensi keasingan dari hal-hal yang serba
baru tersebut. Dalam kontek pemanfaatan teknologi baru dalam inovasi
produk, Noori ( 2002 ) mengajukan suatu kerangka pendekatan integrative
antara konsep ‘technology push’ dan ‘market pull’. Gambar 2. secara
singkat pendekatan ini diharapkan dapat memastikan bahwa manajemen tetap
waspada ( tetapi disilaukan oleh ) dan mampu menanggapi
kemajuan-kemajuan teknologi seperti teknologi produksi dan teknologi
informasi.
Gambar 2. Kerangka Pendekatan Integratif ‘technology push’ dan ‘market pull’
Komitmen manajemen sangatlah menentukan
Tanpa adanya dukungan manajemen maka SDM dan sumber dana yang
diperlukan untuk mengembangkan produk hamper tidak mungkin dapat
diperoleh. Senioritas dan kewenangan manajer yang bertanggungjawab atas
pengembangan produk dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan produk
yang bersangkutan. Manajemen juga harus mampu menangani ketidakpastian
disekitar bisnisnya dan mengoptimalkan komunikasi organisasi.
Informasi yang disebarkan dalam organisasi membantu menciptakan
lingkungan yang konduksif bagi pengambangan inovasi.
Manajemn perysahaan perlu menyadari bahwa strategi inovasi, peningkatan
mutu dan efisiensi bukanlah one time shot dan suatu hal yang dapat
dilaksanakan dalam sehari, melainkan harus dilakukan terus-menerus
sebagai bagian integral aktivitas perusahaan yang selalu memompakandarah
segar dalam tubuh organisasi. Inovasi harus menjadi way of life bagi
perusahaan yang ingin meningkatkan dan mempertahankan keunggulan
kompetitifnya di tengah pesaingan bisnis saat ini.
Lingkungan Pasar akan mempengaruhi keberhasilan produk baru
Produk yang memasuki pasar dan mengalami pesaingan yang tidak begitu
ketat atau pasar yang relative besar dan tumbuh berkembang cepat, besar
kemungkinannya untuk berhasil. Walaupun begitu perlu diingat bahwa
keunggulan / kepemimpinan teknologi sangatlah riskan. Karenanya para
innovator harus memahami konsumen serta menguasai jalur komunikasinya.
Pada sisi konsumen, intensitas pesaingan ditandai oleh kepentingan
relative peran harga dalam keputusan konsumen. Semakin homogen produk
yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan dalam suatu pasar, semakin
kompetitif pasar tersebut dan semakin penting pula peran harga sebagai
variabel keputusan konsumen dalam memilih produk yang disukainya.
Diferensiasi / inovasi pada prinsipnya melonggarkan persaingan dalam
bentuk harga dan mengubahnya dalam bentuk persaingan lain.
Para inovator ini biasanya dituntut untuk mendidik konsumen potensial
tentang pengunaan produk baru. Selama konsumen memakai produk baru
tersebut, perusahaa harus dapat memahami bagaimana keinginan konsumen
berubah serta menyesuaikan desain produknya terhadap perubahan tersebut.
Para pemimpin ini juga perlu berupaya mengembangkan standar-standar
industri jika mereka menghendaki peran utama dalam pasar. Pasar-pasar
yang matang dan belum tersentuh biasanya merupakan pasar potensial bagi
para inovator, tetapi tentu saja entry harus direncanakan dan
dilaksanakan dengan sebaik mungkin untuk menghindari kegagalan produk.
Timing suatu inovasi
Pemilihan waktu untuk memasuki pasar merupakan salah satu alasan
utama penyebab keberhasilan atau kegagalan produk baru. Peluang dan
resiko suatu produk baru bergantung pada beberapa hal antara lain :
perubahan keadaan ekonomi secara umum, perubahan pada preferensi
konsumen dan perubahan daur hidup industri. Investasi dari riset dan
pengembangan dapat mengubah tingkat peluang dan resiko produk baru.
Misalnya, entry yang lambat memungkinkan investasi lebih tinggi dalam
mendesain produk baru, memberikan dukungan engeneering yang memadai dan
mengembangkan program pemasaran yang efektif.
Pada dasarnya timing memasuki pasar merupakan keputusan taktis
kuantitatif sekaligus keputusan strategis kualitatif. Keputusan
strategis kualitatif pada prinsipnya merupakan masalah strategi entry
seperti : apakah suatu perusahaan harus berperan sebagai pemimpin (
market leader ) ataukah pengikut ( market follower ). Trade off antara
kelebihan / keunggulan dan kekurangan / kerugian sebgai pemimpin atau
pengikut merupakan isu utama bagi keputusan strategi dari entry ini.
Keputusan taktis-kuantitatif terutama merupakan masalah waktu entry.
Kapankah seharusnya suatu produk baru memasuki pasar. Seseorang pioneer
potensial harus menentukan waktu entry sedemikian sehingga dapat
memperoleh keseimbangan antara peluang / benefit dengan inovasi dan
resiko / biaya yang berkaitan deengan pengembangan dan pemasaran dan
publikasi merupakan aspek yang sangat kritis.
Kesimpulan
Kita hidup di dunia yang dinamis dimana kita dituntut untuk terus
berkreasi dan berinovasi, jika tidak ingin mandek dan tersingkirkan.
Memahami proses perubahan yang terjadi merupakan tahap awal kritis agar
dapat memanfaatkan secara optimal: memaksimumkan manfaat dan
meminimumkan resiko. Strategi inovasi / pengembangan produk baik
merupakan kombinasi yang bersifat internal. Strategi inovasi merupakan
art and science. Keberhasilannya tidak semata berdasarkan hal-hal yang
seluruhnya dapat dikaji sebagai proses ilmiah. Aspek seni berstrategi
bisnis yang lebih memerlukan imajinasi, kreatifitas, dan
entrepreneurship, akan sangat menentukan kemampuan / kejelian perusahaan
melihat peluang-peluang, memanfaatkannya secara optimal dan juga
mempegaruhi keberhasilan perusahaan dalam mengatasi tantangan di
sekitarnya.
Menjelang masa perdagangan bebas, peran pemerintah akan semakin
pentinga dalam menciptakan dan menjamin iklim yang konduktif bagi
perkembangan inovasi-inovasi diberbagai sektor, pesaingan pasar yang
sehat, keberhasilan industrialisasi dan kesejahteraan bangsa melalui
berbagai instrument kebijakan termasuk skema insentif bagi bidang
penelitian dan pengembangan. Upaya pemerintah kearah ini tampak positif,
terbukti dengan dikembangkannya antara lainpola-pola riset unggulan
kemitraan ( RUK), venture capital dan technicalupgrading fund ( TUF ).
Strategi persaingan analogis dengan strategi membidik sasaran yang
bergerak sepanjang waktu. Karena itu manajemen harus meningkatkan
kemampuan pemanfaatan saluran umpan baliknya untuk penyelesaian arah
strategi dalam memastikan ketepatan pembidikan sasaran.
Daftar Pustaka
1. Lilien G.L., dan E. Yoon, 2003, “The Timing of Competitive Market
Entry: An Exploratory Study of New Industrial Products” Management
Science. Vol.36. No 5, Providance.
2. Noori, Hamid, 2002, Managing the Dynamics of New Technology, Prentice Hall, New Jersey.
3. Porter, Michael. 2002, Competitive Advantage, The Free Press, New York.
4. Kotler, Philips, 2004, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid 1, PT Indek Kelompok Gramedia, Jakarta.
Keberhasilan produk baru sangat dipengaruhi oleh focus strategi perusahaan dengan kata lain strategi itu disebut dengan analisis SWOT yang dimana strategi itu menilai dari lingkungan internal dan eksternal perusahaan sehingga mendapatkan strategi-strategi yang dapat diambil perusahaan untuk menjadikan sumber kekuatan perusahaan.Dalam rangka memasuki pasar baru ada tiga alternatif strategi korporat yang biasa dijumpai:strategi pengembangan pasar, strategi ekspansi pasar, strategi diversifikasi.
BalasHapusCris Tefanus / 20208287 / 4EB01
BalasHapusPersaingan dalam dunia bisnis pada jaman dunia modern ini sudah semakin ketat dan canggih. Para perusahaan berlomba dalam peningkatan di berbagai bidang salah satunya tegnologi yang bisa membawa kontribusi besar. Tidak bisa dipungkiri lagi semakin jaman modern, tegnologi pun semakin modern dan banyak perusahaan yang berlomba dalam berinovasi dalam tegnologi perusahaan mereka masing-masing dengan tujuan untuk memperpendek siklus produksi dan permintaan yang menginginkan produk semakin beragam dan unik. Manajemen strategi dalam hal ini sangat diperlukan. Tegnologi yang digunakan harus direncanakan sesuai dengan kebutuhan. Para ahli dan staff serta pemimpin-pemimpin perusahaan berlomba untuk menjadi yang terbaik. Semakin baik hasil produk yang dikeluarkan, semakin banyak permintaannya, berarti tegnologi yang digunakan oleh perusahaan tersebut dapat terbilang sebagai salah satu yang sukses. Sebagai contoh adalah tegnologi proses daur uang baja pada perusahaan baja “Nucor" (America) yang menginovasi “pabrik mini” sebagai daur ulang baja usang menjadi baru dan siap jual yang kemudian mendatangkan keuntungan lebih pada perusahaan.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusLia Asri Lestari
BalasHapus20208730
4EB01
Selain membuat strategi seputar produk yang akan dibuat/diproses/dijual, perusahaan juga harus memperhatikan salah satu hal lain yang juga penting dalam upaya mengembangkan strategi penjualan,yaitu teknologi. Karena dengan dipergunakannya suatu teknologi terbaru yang lebih baik dari sebelumnya oleh suatu perusahaan, akan turut mempercepat perkembangan usaha yang dijalankan tersebut. Kemajuan teknologi yang cepat saat ini juga turut mempengaruhi konsumen. Sebagai contoh, konsumen saat ini juga lebih senang terhadap sesuatu yang bersifat cepat dan praktis,hal itu dikarenakan aktivitas konsumen yang dianggap padat. Oleh karena itu suatu perusahaan diharapkan dapat tetap menciptakan produk atau jasa yang dapat memenuhi selera konsumen, Atas dasar tersebut Perusahaan pada akhirnya memiliki kesempatan untuk menciptakan sebuah inovasi terhadap produknya sebagai suatu upaya untuk mampu bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya dan tentunya perusahaan juga harus tetap menjaga kualitas produk yang mereka hasilkan, disamping kuantitas yang mereka hasilkan agar perusahaan tidak kehilangan pangsa pasar yang telah mereka harapkan sebelumnya.
Ester Magdalena
BalasHapus20208459
4EB01
Perusahaan yang dapat bersaing dalam era globalisasi adalah perusahaan yang mampu mengikuti pesatnya perkembangan teknologi.
Saya sangat setuju dengan materi diatas yang mengatakan 'Inovasi Sebagai Instrumen Strategi'.. Perusahaan yang mampu terus melakukan inovasi dengan didukung adanya kreativitas, maka akan selalu menghasilkan produk yang sesuai dengan selera masyarakat pada saatnya sesuai dengan perubahan yang terjadi, sehingga masyarakat akan memberi respon yang baik terhadap produk dari perusahaan tersebut. Dikatakan juga 'Tugas penting manajemen dalam kaitan ini adalah mendesain suatu system yang menunjang keberhasilan pengenalan produk-produk baru.' Produk baru pastinya memiliki kualitas yang lebih baik dr produk sebelumnya, maka dibutuhkan adanya perkembangan atau inovasi terbaru dari teknologi yang ada sebelumnya. Manajemen harus mampu melihat dan memanfaatkan setiap peluang yang ada, sehingga inovasi atau keputusan yang ada dilakukan tepat pada waktunya.
Sarrah Arifah /21208136/ 4EB01
BalasHapusTeknologi adalah suatu hal yang tidak asing lagi untuk para pebisnis baik lokal maupun global. Tak jarang,para pebisnis mulai mengadakan terobosan baru untuk memperbarui produk mereka agar secara kuantitas,kualitas,harga dan kemasan dapat menarik perhatian konsumen.
Namun,teknologi dan inovasi tidak akan bermanfaat apabila perusahaan tidak memiliki manajemen serta sumber daya yang baik. Untuk itu,di samping teknologi dan inovasi,perusahaan harus lebih memperhatikan sumber daya yang ada.
Sebagai contoh, perusahaan ternama di texas,Southwest airlines corporation yang tidak hanya memperhatikan teknologi,melainkan lebih memusatkan perhatiannya pada karyawannya. Kerb Kelleher,CEO perusahaan tersebut,memiliki komitmen untuk mengutamakan karyawannya dengan memberikan bonus,memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja sampai mengajak karyawan untuk ikut andil dalam saham perusahaannya. Dengan karyawan yg loyal dan gembira tentunya akan melayani konsumen dengan baik pula.
Dessy Asri Ryanti
BalasHapus20208332
4EB02
Perubahan-perubahan ekonomi, politik, teknologi yang terjadi dewasa ini menuntut sebuah perusahaan bersifat dinamis, kreatif , dan kuat. Dinamis yang dimaksudkan adalah tidak bersifat monoton dan biasa, hal ini berlaku dalam penjangkauan pasar baru dan menyikapi perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat yaitu, Perubahan ekonomi, sosiologi & demografi, teknologis, politis, serta perubahan lain yang dapat terjadi melalui praktek-praktek pasar, standart profesi, pemasok, dan distributor. Sedangkan,kreatif yang dimaksudkan dari segi penciptaan produk baru (inovasi) dan ekspansi usaha. Penciptaan produk baru (inovasi) dan ekspansi usaha juga harus memperhatikan beberapa hal seperti: inovasi sebagai instrumen strategi, keunggulan / kompetensi manajemen, timing suatu inovasi. Dan yang dimaksudkan dengan perusahaan yang kuat adalah perusahaan yang dapat bertahan walaupun beberapa masalah ekonomi menerpa, tetap dapat berdiri eksis dengan menerapkan manajemen strategi dalam pengelolaan perusahaan.
Miranty Nurhayati
BalasHapus20208809
4EB02
Dengan adanya perkembangan zaman serta daya kreativitas manusia yang semakin meningkat, maka akan menciptakan peluang usaha yang menguntungkan. Dalam dunia bisnis, perusahaan dapat mengolah produk dengan baik dengan adanya teknologi. Teknologi ini dapat memberikan peluang dan kesempatan untuk perusahaan sebagai media yang dapat mempermudah untuk menciptakan produk yang kreatif, memberikan inovasi yang dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya. Para pebisnis harus dapat memiliki kerangka konseptual dalam mengembangkan produk baru yaitu diantaranya segmenting, targeting, positioning, dan strategi pemasaran.
Dwi Oktaviani Anwar
BalasHapus20208402
4EB02
Perkembangan zaman yang belum ada teknologi sampai adanya teknologi, sehingga pada zaman sekarang banyak perusahaan yang menggunakan teknologi sebagai media yang digunakan untuk pengambilan keputusan, mengolah sumber daya yang ada dan sebagai inovasi untuk perusahaan tersebut.dukungan managemen pun sangat penting dalam mengelola kegiatan operasional perusahaan dan perusahaan pun harus memiliki strategi yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan.
Ignatius Maurits
BalasHapus20208608
4EB02
Perkembangan zaman yang semakin cepat maka perkembangan teknologi pun semakin berkembang. Di zaman seperti ini perusahaan di tuntut untuk mengembangkan teknologi dan inovasi secara tepat, agar para customer pun dapat di mudahkan dan menjadi loyal terhadap perusahaan, bila tidak maka lama kelamaan para customer perusahaan tersebut akan pindah ke perusahaan lain yang mempunyai nilai lebih dalam kemudahan teknologinya. Perusahaan akan mempunyai "nama" atau brand image yang akan baik bila terus melakukan inovasi dalam teknologinya dan harus melakukanya pada timing yang tepat, maka dari itu manajemen strategik dalam hal teknologi sangat dibutuhkan, karenan keunggulan teknologi akan memperoleh keuntungan pula.
FAISAL ARIEF S
BalasHapus21208531
4EB02
Perusahaan memang dituntut untuk terus melakukan inovasi dalam pemanfaatan teknologi canggih demi menciptakan produk yg selalu terdepan. Perusahaan yg terus maju dalam bidang teknologi terbaru akan menjadikan perusahaan tersebut sebagai leader dalam bisnis tersebut. Akan tetapi teknologi yg canggih harus di barengi dengan pemanfaatannya yg lebih bertanggung jawab dan baik, yaitu digunakan oleh sumber daya manusia yg dapat menggunakannya dengan maksimal dan memiliki skill yg cukup.
Muhammad Addin Faesal
BalasHapus20208834
4EB02
Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam dunia berbisnis terdapat berbagai macam masalah, kendala, maupun hambatan dalam menjalankan suatu perusahaan bisnis seperti :
1. Perubahan ekonomi
2. Perubahan sosiologi dan demografi
3. Perubahan teknologis
4. Perubahan politis
5. Perubahan lain yang dapat terjadi melalui praktek-praktek pasar, standart profesi, pemasok, dan distributor.
Untuk itu diperlukan suatu strategi inovasi dalam menjalankan perusahaan tersebut agar perusahaan tersebut dapat terus berkembang dan menghasilkan profit yang diinginkan karena kembali lagi, Strategi inovasi merupakan art and science. Keberhasilannya tidak semata berdasarkan hal-hal yang seluruhnya dapat dikaji sebagai proses ilmiah. Aspek seni berstrategi bisnis yang lebih memerlukan imajinasi, kreatifitas, dan entrepreneurship, akan sangat menentukan kemampuan / kejelian perusahaan melihat peluang-peluang, memanfaatkannya secara optimal dan juga mempegaruhi keberhasilan perusahaan dalam mengatasi tantangan di sekitarnya.
Sharralisa (21208159/4EB02)
BalasHapusDidalam dunia bisnis diperlukan adanyanya berbagai inovasi yang berbeda dari yang lainnya. Dalam dunia bisnis pasti akan ada permasalahan didalam perusahaan maupun diluar perusahaan (internal/eksternal). Maka diperlukan strategi inovasi untuk mengatasi permasalahan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pada prinsipnya strategi-strategi bisnis mempunyai sasaran pada masalah sekitar persaingan. Persaingan bisnis yang sehat semestinya dipandang sebagai upaya positif yang dilakukan perusahaan yang bersangkutan memiliki keunggulan relative atas pesaingnya. Dalam persaingan bisnis modern, sasaran strategi bisnis tidak cukup hanya sebatas pada kelangsungan hidup perusahaan ditengah persaingan yang semakin ketat, tetapi lebih penting lagi adalah keunggulan yang berkelanjutan.
Febri Satryo Prima Wicaksono (20208489) 4EB02
BalasHapusDalam dunia bisnis sekarang, makin cepat info yang kita dapat, dan persaingan pun semakin pesat, tak akan pernah ada susatu perusahaan yang mengalami kemajuan tetapi masih memakai teknologi yang lama, pasti kemajuan suatu perusahaan juga di barengi dengan kemajuan dalam segala bidang seperti teknologi, dan pola pikir dari para pemimpin suatu perusahaan yang ada. Inovasi juga sangat perlu dilakukan karna sifat dasar manusia yang mempunyai sifat dasar bosan dan tidak suka dengan 1 hal itu saja dalam hidupnya, pasti dia mempunyai rasa bosan juga, maka dari itu untuk mempertahankan perusahaannya harus melakukan inovasi inovasi yang sangat briliant.
Reckyaldi Nugraha (21208011 / 4EB02)
BalasHapusSuatu inovasi sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis sekarang. Karena kita melihat semakin banyaknya para pesaing yang ada dengan melakukan inovasi-inovasi yang baru dalam menjalankan bisnisnya, jadi suatu inovasi sangat dibutuhkan untuk kemajuan perusahaan dimasa yang akan datang, conthnya dengan membuat atau memakai teknolgi-teknologi baru yang baru muncul. dan untuk menjalan kan inovasi juga diperlukan ide ide yang cemerlang dengan melihat para pesaing..
Muhamad Iqbal Aditya (20208849 / 4EB02)
BalasHapusTeori bisa mengatakan bahwa inovasi teknologi memang dibutuhkan oleh perusahaan namun pada kenyataannya perusahaan harus bisa memanage dana dan lebih berhati-hati agar beban tidak lebih besar dari pendapatan dan peluang pasar yang diraih.
Nama : Anissa Nur. A. S
BalasHapusNPM : 21208499
Kelas : 4EB01
Di Indonesia, perubahan-perubahan ekonomi, politik dan teknologi semakin cepat dan terasa. Untuk itu, perusahaan hendaknya mulai memikirkan langkah kedepannya guna terus beroperasi. Salah satunya yaitu dengan melakukan inovasi-inovasi baru pada produk yang diproduksinya. Untuk memberikan produk yang laris dipasaran, perusahaan memerlukan inovasi yang tak pernah mati karena tiap harinya banyak pesaing yang meluncurkan produk-produk baru yang inovatif yang dapat mengancam kelangsungan hidup perusahaan.
Dalam melakukan inovasi, perusahaan harus melihat beberapa aspek antara lain aspek manejemen dan aspek keuangan. Dengan melihat kedua aspek ini, perusahaan akan dapat menilai sejauh mana perusahaan tersebut mampu bersaing.
Elin Septiana
BalasHapus20208431
4EB02
Dalam berbisnis, inovasi sangat diperlukan. Karena tanpa berinovasi, perusahaan tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan lain yang selalu melakukan inovasi terhadap produknya. Dan pada era sekarang ini, inovasi tidak hanya melihat kebutuhan dalam pangsa pasar, tetapi juga melihat bagaimana teknologi sudah menguasai pangsa pasar. Jadi perusahaan harus bisa melihat peluang dari perkembangan teknologi yang sudah semakin maju dalam berinovasi. Agar persahaan bisa dapat bertahan dan bersaing dengan perusahaan yang lainnya.
Widi Yogo P
BalasHapus21208283
4EB01
Berinovasi merupakan hal yang utama untuk mempertahankan perusahaan dalam persaingan pasar. Harus memperhatikan aspek-aspek tertentu dalam berinovasi, salah satunya adalah aspek teknologi. Karena pada sekarang ini, perkembangan teknologi semakin pesat. Jika perusahaan tidak mengikuti perkembangan zaman, bukan tidak mungkin perusahaan tidak mampu bertahan dalam persaingan yang ada.
wahyudi pratama/21208276/4EB01
BalasHapusDidalam berbisnis kita perlu melakukan perubahan-perubahan dalam mengembangkan produk dengan cara berinovasi yang dapat meningkatkan kualitas produk lebih baik yang mampu bersaing dengan perusahaan lain. inovasi tersebut merupakan hal yang sangat diperlukan untuk berbisinis didalam suatu persaingan pangsa pasar yang semakin ketat.inovasi bisa timbul melalui terobosan-terobosan baru seperti membuat atau memakai teknologi yang lebih maju dan melakukan proses pendataan dalam bisnis secara terkomputerisasi,serta berinovasi dalam meningkatkan ekonomi suatu perusahaan (bisnis) kita perlu memperhatikan beberapa aspek-aspek penting yang mempengaruhinya (aspek manajemen dan aspek keuangan).
feny febriandi
BalasHapus20208501
4eb02
menurut saya teknologi dan inovasi tidak akan bermanfaat apabila perusahaan tidak memiliki manajemen serta sumber daya yang baik. Untuk itu,Dalam dunia bisnis, perusahaan dapat mengolah produk dengan baik dengan adanya teknologi.dalam menjalankan perusahaan tersebut agar perusahaan tersebut dapat terus berkembang dan menghasilkan profit yang diinginkan karena Strategi inovasi merupakan art and science.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusHaris Umarsyah
BalasHapus20208569
4EB01
Menurut saya dlam menciptakan sebuah inovasi, Anda juga perlu menyesuaikannya dengan perkembangan teknologi yang sedang booming saat ini. Hal ini penting agar bisnis Anda tidak ketinggalan jaman dan berani bersaing dengan perusahaan lain. Untuk itu, lakukan riset secara rutin agar Anda bisa memantau perkembangan teknologi yang sedang booming, dan manfaatkan moment tersebut untuk menciptakan ide brilian guna menarik minat pelanggan.
Perusahaan
denganinovasi besar akan lebih berhasil dalam merespon lingkungan
dan mengembangkan
kemampuan baru yang mendukung strategi keunggulan bersaing berkelanjutan.
Budhi Rahayu
BalasHapus20208261
4EB02
Menurut saya, inovasi dalam berbisnis sangat penting. karena dengan adanya inovasi tercipta ide-ide atau karya baru, salah satunya adalah dalam bidang teknologi.Karena pada saat ini, perkembangan teknologi semakin pesat. Jika perusahaan tidak mengikuti perkembangan teknologi, maka perusahaan tersebut akan tertinggal oleh perusahaan lainnya dan tidak mampu bertahan dalam persaingan yang ada.
Dwi Prasetyo Wibowo ( 20208403 / 4EB02 )
BalasHapusTidak dapat dipungkiri bahwa dalam dunia berbisnis diperlukan adanyanya berbagai inovasi, karena inovasi merupakan hal yang utama untuk mempertahankan perusahaan dalam persaingan pasar sebab inovasi dapat meningkatkan kualitas produk lebih baik yang mampu bersaing dengan perusahaan lain. maka dalam melakukan inovasi, perusahaan harus melihat beberapa aspek Dengan melihat beberapa aspek, perusahaan akan dapat menilai sejauh mana perusahaan tersebut mampu bersaing.
Fritzkia Ifsantine El'maz
BalasHapus21208428
4EB02
Dalam dunia bisnis perlu banyak sekali inovasi agar suatu perusahaan bisa berkembang,tetap bertahan. Selain itu perusahaan harus melihat timing waktu dalam dunia bisnis,yaitu menunjukan keunggulan dari produk yang akan dihasilkan supaya para konsumen tertarik dan menjadi pelanggan tetap.
Fadlillah Firdaus
BalasHapus20208470
4EB01
Perkembangan dunia saat ini termasuk dunia usaha telah memasuki gelombang kehidupan yang sangat cepat mengalami perubahan, contoh sederhana adalah teknologi Informasi, handphone dengan teknologi paling baru dalam beberapa bulan sudah akan tergusur dengan teknologi yang lebih baru.
Dalam dunia bisnis sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perkembangan teknologi, perubahan pasar sangat cepat mengalami perubahan.Produk yang saat ini laku di pasaran bisa jadi bulan depan sudah akan ditinggalkan karena modelnya sudah tidak disukai. Dengan demikian menjadi penting bagi pelaku bisnis melakukan inovasi sesegera mungkin, bahkan mengantisipasinya sebelum produk lama tidak laku lagi di pasaran. Budaya inovasi bagi pelaku bisnis menjadi hal yang penting bagi kelangsungan hidupnya baik untuk usaha kecil maupun menengah . Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa inovasi adalah salah satu faktor yang diperlukan bagi keberhasilan dan manajemen strategi yang diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat ini ketika era informasi berkembang pesat, maka inovasi merupakan salah satu senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha.
Arum Pramuningtyas /20208196 / 4eb01
BalasHapusAgar dapat bertahan dalam dunia usaha, perusahaan dituntut untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Melakukan inovasi produk merupakan salah satu cara agar perusahaan dapat bersaing dalam dunia usaha saat ini. Kata inovasi dapat diartikan sebagai “proses” dan atau “hasil” pengembangan dan/atau pemanfaatan / mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama ekonomi dan sosial). Jenis Inovasi Inovasi terdiri dari empat jenis, yaitu :
a. Penemuan. Kreasi suatu produk, jasa, atau proses baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Konsep ini cenderung disebut revolisioner. Ex, penemuan pesawat terbang oleh wright bersaudara, telepon oleh alexander graham bell dll.
b. Pengembangan. Pengembangan suatu produk, jasa, atau proses yang sudah ada. Konsep seperti ini menjadi aplikasi ide yang telah ada berbeda. Misalnya, pengembangan McD oleh Ray Kroc.
c. Duplikasi. Peniruan suatu produk, jasa, atau proses yang telah ada. Meskipun demikian duplikasi bukan semata meniru melainkan menambah sentuhan kreatif untuk memperbaiki konsep agar lebih mampu memenangkan persaingan. Misalnya, duplikasi perawatan gigi oleh Dentaland.
d. Sintesis. Perpaduan konsep dan faktor-faktor yang sudah ada menjadi formulasi baru. Proses ini meliputi engambilan sejumlah ide atau produk yang sudah ditemukan dan dibentuk sehingga menjadi produk yang dapat diaplikasikan dengan cara baru. Misal, sintesis pada arloji oleh Casio. Elemen Penting dalam Strategi Inovasi Produk.
Pengembangan teknologi merupakan salah satu cara perusahaan melakukan inovasi. Pemanfaatan potensi teknologi cangih yang luar biasa dan menyalurkannya bagi kesejahteraan ekonomi kini yang menjadi kunci ketahanan berbagai perusahaan. Namun perkembangan teknologi tersebut tidak membutuhkan biaya yang sedikit. Perusahaan harus dengan matang menetapkan strategi yang akan dijalankan oleh perusahaan dalam pengembangan teknologi tersebut. Selain itu perusahaan juga dituntut untuk memperhatikan elemen penting dalam strategi inovasi produk.
Dari referensi lain, saya mendapatkan contoh inovasi produk. Contoh inovasi adalah Layanan korporat dari XL.Persaingan antar operator telepon mobile, dan juga antara GSM dan CDMA membuat XL melirik ke pasar korporat. Perusahaan ini meluncurkan layanan Office Zone dan GSM PABX yang cukup inovatif. Lewat fasilitas terbaru XL tersebut, XL berfungsi sebagai “extention” sistem komunikasi perusahaan. Staf perusahaan yang memakai layanan ini bisa menelepon ke kantor pusat tanpa dikenakan biaya sama sekali selama masih berada pada zona yang ditentukan. Keluar dari zona tersebut, dikenakan biaya flat fee yang masih cukup murah. Solusi ini termasuk inovatif karena didasarkan atas kebutuhan korporat yang selama ini jarang diperhatikan. Solusi ini juga mampu menghemat biaya komunikasi korporat, dan sekaligus menjamin pendapatan untuk XL dari segmen yang cukup loyal tersebut.
Kegiatan eksebisi XL tersebut didukung sejumlah mitranya yang menyediakan berbagai solusi telekomunikasi baik yang bersifat fixed, mobile ataupun fixed and mobile convergence (FMC) communications. Antara lain Siemens, Ericsson, CPN, Palm, Dopod, Sony Ericsson, Nokia, Datacomm, Packet System Indonesia , Lintas Teknologi, PT Inti, Inov, Cisco, MLW.
REFERENSI : http://initugasku.wordpress.com/2010/03/03/definisi-inovasi/
Nama : Hana Octavia
BalasHapusKelas : 4EB02
Npm : 21208541
Inovasi merupakan salah satu kunci dalam bisa bertahannya di era globalisasi ini. Dengan inovasi yang terus di kembangkan oleh suatu perusahaan maka perusahaan tersebut bisa lebih meningkatkan lagi mutu, kuatitas dari suatu produk, menambah suatu fungsi produk atau membuat baru produk sehingga masyarakat (konsumen) akan merasa puas karena banyak pilihan/alternatif dan diuntungkan juga.
Nama : Nela Apriani
BalasHapusKelas : 4EB02
Npm : 21208388
Didalam era globalisasi sekarang ini memang diperlukan suatu strategik baru untuk dapat mempertahankan perusahaannya dalam menghadapi semua pesaing. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat suatu inovasi merupakan salah satu jalan terbaik menghadapi perkembangan jaman ini. karena dengan berinovasi suatu yang baru dapat membawa perubahan dan dampak baru bagi masyarakat untuk mempertahankan eksistensi perusahaan.
Susanti Kusumo Sari
BalasHapus28210025
4EB02
Dalam suatu strategi inovasi di masa yang sekarang ini memang sangat penting tidak hanya itu saja, kemampuan perkembangan teknologi dan produk dalam membangun kekuatan persaingan juga diperlukan untuk kemajuan suatu perusahaan atau pun bisnis jenis apapun yang akan dijalankan atau pun yang sedang dijalankan. Dengan begitu kita tidak ketinggalan jaman dan update sesuai perkembangan yang ada untuk memperoleh tujuan yang telah direncanakan dari awal.
Maka dari itu, kita lebih dituntut untuk selalu berpikir kreatif dan bekerja keras untuk selalu menemukan ide-ide yang beda dari biasanya tetapi dapat tetap menghasilkan sesuatu yang berguna untuk kita dan orang-orang yang ada disekitar kita. Baik untuk orang dari berbagai kalangan manapun dan apapun tidak ada perbedaan dalam jenis apapun.
Hesti Yustina
BalasHapus20208596
4eb01
Persaingan di tengah perkembangan teknologi tidak gampang. Inovasi lagi-lagi menjadi hal penting untuk bisa terus berada di jalur persaingan. Pemikiran jangka panjang penuh kreativitas menjadi hal yang banyak diburu.
Lagi-lagi saya mengambil contoh kasus samsung yang mngembangkan ponsel android-nya. Handphone dengan teknologi canggih tapi memiliki harga yang murah. Contoh real nokia, walau mungkin ada perbaikan dalam perbaharuan fitur tapi kalah jauh dalam masalah teknologi dengan samsung.
inilah persaingan dunia usaha, hari ini selain modal,faktor pengembangan teknologi merupakan sesuatu yang jelas tidak bisa di pandang sebelah mata.
Kreativitas dalam berinovasi menjadi strategi yang sangat jitu.
firmansyah
BalasHapus20208515
4EB02
Di era globalisasi seperti ini kemajuan teknologi sudah menjadi suatu hal yang mutlak di berbagai bidang terutama dalam bidang industri,Perusahaan dituntut untuk mengembangkan strategi yang lebih efektif serta efisien sehingga membutuhkan pemikiran dan konsep,salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi baru untuk menunjang berjalannya operasional perusahaan.