Manajemen Strategik
Pengertian Manajemen
Istilah manajemen berasal dari kata management (bahasa Inggris), turunan dari kata “ to manage” yang artinya mengurus atau tata laksana atau ketata laksanaan. Sehingga manajemen dapat diartikan bagaimana
cara mengatur, membimbing dan memimpin semua sumber daya manusia agar
usaha yang sedang digarap dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya.
Pengertian Manajemen menurut beberapa ahli yaitu :
1. Menurut
James A.F Stoner, Manajemen adalah suatu proses perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota
organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi
untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
2. Menurut
Mary Parker Follet, Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan
suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.
3. Menurut
Drs. Oey Liang Lee, Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan
pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada
sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
4. Menurut
R. Terry, Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari
tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan
pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang
telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya
lainnya.
Sebenarnya ada banyak versi mengenai definisi manajemen, namun demikian pengertian manajemen itu sendiri secara umum yang bisa kita jadikan pegangan adalah :
“Manajemen
adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti
perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian atau
pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang
telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya
lainnya”.
Pengertian Strategik
Strategi
adalah rencana jangka panjang dengan diikuti tindakan-tindakan yang
ditujukan untuk mencapai tujuan tertentu, yang umumnya adalah
“kemenangan”. Asal kata “strategi” adalah turunan dari kata dalam bahasa
Yunani, strategos.
Pengertian
strategi menurut Glueck dan Jauch adalah Rencana yang disatukan, luas
dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis perusahaan
dengan tantangan lingkungan, yang dirancang untuk memastikan bahwa
tujuan utama dari perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang
tepat oleh organisasi.
Pengertian strategi secara umum dan khusus sebagai berikut :
Pengertian Umum
Strategi
adalah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada
tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau
upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.
Pengertian Khusus
Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental
(senantiasa meningkat) dan terus-menerus, serta dilakukan berdasarkan
sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa
depan. Dengan demikian, strategi hampir selalu dimulai dari apa yang
dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi. Terjadinya
kecepatan inovasi pasar yang baru dan perubahan pola konsumen memerlukan
kompetensi inti (core competencies). Perusahaan perlu mencari kompetensi inti di dalam bisnis yang dilakukan.
Pengertian Manajemen Strategik
Manajemen
strategik merupakan proses atau rangkaian kegiatan pengambilan
keputusan yang bersifat mendasar dan menyeluruh, disertai penetapan cara
melaksanakannya, yang dibuat oleh pimpinan dan diimplementasikan oleh
seluruh jajaran di dalam suatu organisasi, untuk mencapai tujuan.
Pengertian Manajemen Strategik menurut beberapa ahli yaitu :
1. Menurut
Pearch dan Robinson (1997) dikatakan bahwa manajemen strategik adalah
kumpulan dan tindakan yang menghasilkan perumusan (formulasi) dan
pelaksanaan (implementasi) rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai
sasaran-sasaran organisasi.
2. Menurut Nawawi
adalah perencanaan berskala besar (disebut perencanaan strategi) yang
berorientasi pada jangkauan masa depan yang jauh (disebut visi), dan
ditetapkan sebagai keputusan pimpinan tertinggi (keputusan yang bersifat
mendasar dan prinsipil), agar memungkinkan organisasi berinteraksi
secara efektif (disebut misi), dalam usaha menghasilkan sesuatu
(perencanaan operaional untuk menghasilkan barang dan atau jasa serta
pelayanan) yang berkualitas, dengan diarahkan pada optimalisasi
pencapaian tujuan (disebut strategis) dan berbagai sasaran (tujuan
operasional) organisasi.
3. Menurut
Fred R. David (2004 : 5), manajemen strategik adalah ilmu mengenai
perumusan, pelaksanaan, dan evaluasi keputusan – keputusan lintas fungsi
yang memungkinkan organisasi mencapai tujuannya.
4. Menurut
Husein Umar (1999 : 86), manajemen strategik sebagai suatu seni dan
ilmu dalam hal pembuatan (formulating), penerapan (implementing), dan
evaluasi keputusan – keputusan strategis antara fungsi yang memungkinkan
sebuah organisasi mencapai tujuannya di masa datang.
Dari
pengertian-pengertian yang cukup luas tersebut menunjukkan bahwa
manajemen strategik merupakan suatu sistem yang sebagai satu kesatuan
memiliki berbagai komponen yang saling berhubungan dan saling
mempengaruhi dan bergerak secara serentak (bersama-sama) kearah yang
sama pula.
Karakteristik Manajemen Strategik
1. Berorientasi masa depan
2. Berhubungan dengan unit bisnis yang kompleks
3. Kebutuhan dan kejelasan tugas sangat tinggi seiring perubahan yang terjadi
4. Batas-batas tugas tidak jelas
5. Proses yang dijalankan tidak terpisah dari aktivitas manajerial lainnya
6. Ada target waktu yang jelas
7. Memerlukan perhatian manajemen puncak
Manfaat Manajemen Strategik
1. Pemahaman yang lebih jelas atas visi strategis perusahaan.
2. Fokus yang lebih tajam terhadap apa yang secara strategis memang penting.
3. Pemahaman yang lebih baik terhadap perubahan lingkungan perusahaan yang lebih cepat.
Faktor – faktor Yang Perlu Diperhatikan Oleh Manajemen Puncak Dalam Merumuskan Strategi :
1. Menentukan misi
2. Mengembangkan profile perusahaan
3. Pengenalan
4. Analisis kekuatan
5. Mengidentifikasi beberapa pilihan
6. Memilih pilihan yang tepat
7. Sasaran jangka panjang
8. Memperhatikan pentingnya operasionalisasi
9. Sumber daya manusia
10. Teknologi
11. Bentuk, tipe, dan struktur organisasi
12. Menciptakan suatu sistem pengawasan
13. Penilaian sistem tersebut
14. Menciptakan umpan balik
Hirarki Strategik
Ada dua kategori utama dalam organisasi bisnis, yaitu :
1. Organisasi bisnis yang hanya terlibat dalam satu bidang usaha
a. Strategi pada tingkat korporasi (manajemen pusat)
b. Strategi yang sifatnya fungsional (manajemen produksi, pemasaran, keuangan)
2. Organisasi yang terlibat dalam beberapa atau berbagai bidang usaha
a. Korporasi
b. Strategi bidang satuan bisnis
c. Fungsional
Tahapan Dalam Manajemen Strategik (Fred R. David, 2004 : 6-7)
1. Perumusan strategi
: Meliputi kegiatan untuk mengembangkan visi dan misi organisasi,
mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal organisasi, menentukan
kekuatan dan kelemahan internal organisasi, menetapkan tujuan jangka
panjang organisasi, membuat sejumlah strategi alternatif untuk
organisasi, serta memilih strategi tertentu untuk digunakan.
2. Pelaksanaan strategi
: Mengharuskan perusahaan untuk menetapkan sasaran tahunan, membuat
kebijakan, memotivasi karyawan, dan mengalokasikan sumber daya sehingga
perumusan strategis dapat dilaksanakan. Pelaksanaan strategis mencakup
pengembangan budaya yang mendukung strategi, penciptaan struktur
organisasi yang efektif, pengarahan kembali usaha– usaha pemasaran,
penyiapan anggaran, pengembangan dan pemanfaatan sistem informasi, serta
menghubungkan kompensasi untuk karyawan dengan kinerja organisasi.
3. Evaluasi strategi
: Tahap ini merupakan tahap akhir dari manajamen strategis, evaluasi
strategi perlu dilakukan karena keberhasilan saat ini merupakan jaminan
untuk keberhasilan di hari esok, tiga kegiatan pokok dalam evaluasi strategi adalah :
a. Mengkaji ulang faktor-faktor eksternal dan internal yang menjadi landasan perumusan strategi yang diterapkan sekarang ini.
b. Mengukur kinerja.
c. Melakukan tindakan-tindakan korektif.
Dua Aliran Strategi, Strategi Besar (Grand Strategy) dan Strategi Global
Strategi Besar (Grand Strategy)
1. Pertumbuhan (Growth), dapat
dilakukan secara internal meliputi pengembangan dari produk baru atau
produk lama yang mengalami perubahan dan secara eksternal dengan
memperoleh tambahan divisi bisnis atau diversifikasi yang artinya
mengakuisisi bisnis yang terkait dengan lini produk saat itu.
2. Stabilitas (Stability) atau Strategi Diam, artinya
adalah bahwa organisasi ingin tetap berada pada ukurannya yang sama
atau tumbuh perlahan dengan cara-cara yang masih dapat dikendalikan.
3. Pemangkasan (Retrenchment), berarti
organisasi terpaksa melalui periode terjadinya penurunan dengan
penyusutan unit bisnis yang ada saat ini atau menjual atau melikuidasi
keseluruhan unit bisnis.
Strategi Global
1. Strategi Globalisasi (Globalization Strategy), merupakan standarisasi rancangan produk dan strategi periklanan di seluruh dunia.
2. Strategi Multidomestik (Multidomestic Strategy), adalah modifikasi desain produk dan strategi periklanan untuk mengakomodasi kebutuhan spesifik dari
masing-masing negara. Maksudnya adalah perusahaan multinasional ada di
sejumlah negara, namun periklanan dan rancangan produknya disesuaikan
dengan kebutuhan spesifik masing – masing negara.
3. Strategi Transnasional (Transnational Strategy), yaitu strategi yang mengkombinasikan koordinasi global untuk meraih efisiensi dengan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan spesifik pada berbagai negara.
Tingkatan Strategi
1. Strategi tingkat perusahaan (Corporate Strategy),
Ditetapkan oleh tingkat manajemen tertinggi di dalam organisasi dan
mengarah kepada bisnis apa yang akan dilakukan serta bagaimana sumber
daya dialokasikan di antara bisnis tersebut. Strategi korporasi secara
umum melibatkan tujuan jangka panjang yang berhubungan dengan organisasi
secara keseluruhan dan investasi keuangan secara langsung.
2. Strategi tingkat bisnis (Business Strategy), Ditetapkan oleh masing-masing unit bisnis strategi (Strategy Business Unit=SBU).
Strategi bisnis biasanya diformulasikan oleh manajer tingkat bisnis
melalui negosiasi dengan manajer korporasi dan memusatkan kepada
bagaimana cara bersaing dalam dunia bisnis yang ada. Strategi bisnis
harus melalui dan diperoleh serta didukung oleh strategi korporasi.
3. Strategi tingkat fungsional (Functional Strategy),
Mempunyai lingkup yang lebih sempit lagi dibandingkan strategi
korporasi dan strategi bisnis. Berhubungan dengan fungsi bisnis seperti
fungsi produksi, fungsi pemasaran, fungsi SDM, fungsi keuangan, fungsi
riset dan pengembangan (R&D). Strategi fungsional harus mengarah
kepada strategi bisnis dan konsep mereka yang paling utama adalah
tergantung kepada hasil jawaban bagaimana cara menerapkannya.
Manajemen Strategik dan Daya Saing
Strategi
di definisikan sebagai sekumpulan komitmen dan tindakan yang
terkoordinasi yang dirancang untuk mengeksploitasi kompetensi ini dan
mencapai keunggulan bersaing. Dan kaitan manajemen strategik dengan daya
saing adalah :
1. Strategic flexibility adalah
sekumpulan kemampuan yang digunakan untuk merespon berbagai permintaan
dan kesempatan dalam lingkungan yang kompetitif, dinamis, dan tidak
menentu.
2. Strategic intent adalah
pengelolaan sumberdaya, kemampuan, dan kompetensi inti perusahaan untuk
mewujudkan tujuan perusahaan pada lingkungan yang kompetitif.
3. Strategic mission adalah
pernyataan unik dengan lingkup dan operasi perusahaan dari sisi produk
dan pasar. Satu perusahaan yang berhasil merumuskan ini dengan baik akan
memberikan jaminan kepada pelanggan barang dan jasa apa yang akan dapat
diperolehnya dari perusahaan yang bersangkutan.
Pengimplementasian
Manajemen Strategik di lingkungan organisasi bidang bisnis didasari
oleh falsafah yang berisi nilai – nilai persaingan bebas antar
organisasi bisnis sejenis, melalui pendayagunaan semua sumber yang
dimiliki untuk mencapai tujuan yang bersifat strategik. Tujuan tersebut
adalah mempertahankan dan mengembangkan eksistensi masing–masing untuk
jangka waktu panjang, melalui kemampuan meraih laba kompetitif secara
berkelanjutan.
Kesimpulan
Manajemen
strategik diwujudkan dalam bentuk perencanaan berskala besar mencakup
seluruh komponen di lingkungan organisasi yang dituangkan dalam bentuk
rencana strategis yang berorientasi pada jangkauan masa depan dan
dijabarkan menjadi perencanaan operasional, yang kemudian dijabarkan
pula dalam bentuk program kerja dan proyek tahunan. Visi, misi,
pemilihan strategi yang menghasilkan strategi induk, dan tujuan strategi
organisasi untuk jangka panjang merupakan acuan dalam merumuskan
rencana strategi, namun dalam teknik penempatannya sebagai keputusan
manajemen puncak secara tertulis semua acuan terdapat di dalamnya.
Rencana strategi dijabarkan menjadi rencana operasional yang antara lain
berisi program – program operasional termasuk proyek – proyek, dengan
sasaran jangka sedang masing – masing juga sebagai keputusan manajemen
puncak. Penetapan rencana strategi dan renccana operasi harus melibatkan
manajemen puncak karena sifatnya sangat mendasar/prinsipil dalam
pelaksanaan seluruh misi organisasi, untuk mewujudkan, mempertahankan,
dan mengembangkan eksistensi jangka sedang termasuk panjangnya.
Pengimplementasian strategi dalam program – program termasuk proyek –
proyek untuk mencapai sasaran masing – masing dilakukan melalui fungsi –
fungsi manajemen lainnya yang mencakup pengorganisasian, pelaksanaan,
penganggaran dan kontrol.
Sharralisa (21208159/4EB02)
BalasHapusMenurut saya manajemen strategi itu tidak hanya digunakan dalam perusahaan besar, tetapi juga digunakan oleh usaha kecil menengah untuk mencapai hasil maksimal melalui manajemen dana, waktu, koordinasi, tujuan visi-misi, dan pencapaian implementasi usaha kecil.
Faisal arief s (21208531/4eb02)
BalasHapusMenurut saya sebuah manajemen strategi harus mengedepankan aspek implementasi. Karena setiap rencana dan sasaran serta visi dan misi tidak akan tercapai apabila implementasi tersebut tidak berjalan dengan baik dan gagal.
Febri Satryo Prima Wicaksono (20208489 / 4EB02)
BalasHapusMenurut saya manajemen strategi sangat penting di dalam suatu perusahaan baik besar dan kecil, akan tetapi sangat sulit di implementasikan karena pasti akan banyak menemui kendala kendala yang akan ada pada saat di realisasikan. Manajemen strategi juga harus di dukung oleh keuangan dan dana yang cukup karna bila tidak didukung oleh dana yang cukup, maka implementasi dan realisasinya tidak akan menghasilkan seperti yang di inginkan.
Arthur Sihombing (20208193 / 4-EB02)
BalasHapusMenurut saya manajemen strategik berperan penting dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis. Dalam dunia bisnis, mengrealisasikan perencanaan atau strategi adalah hal yang sulit bagi seluruh pihak-pihak yang bersangkutan atau berhubungan dalam suatu kegiatan bisnis karena pihak-pihak tersebut cenderung ingin menghasilkan suatu pencapaian secara cepat dan mudah, sedangkan dalam hal menjalankan manajemen strategik yang baik dan benar memerlukan proses yang panjang dan secara teliti. Maka dari itu, kualitas pihak-pihak tersebutlah yang harus di tingkatkan untuk mencapai tujuan tertentu.
Muhamad iqbal aditya (20208849/4eb02)
BalasHapusMenurut saya, inti dari berdirinya sebuah perusahaan atau usaha kecil mandiri (UKM) itu adalah management strategi,tanpa management strategi tidak akan berjalan karena management strategi merupakan ujung tombaknya. Management stategi dapat membuat perusahaan kecil yang menjadi besar dan begitu juga sebaliknya.
Reckyaldi Nugraha (21208011/4EB02)
BalasHapusMenurut saya, Manajemen strategik merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan untuk menjalankan suatu kebijakan jangka panjang dengan tata laksana yang baik dan terealisasi dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan. Dan tentunya untuk mencapai suatu tujuan diperlukan suatu pengawasan dan implementasi yang baik dari semua pihak organisasi dan manajemen puncak.
Nama : Anissa Nur. A. S
BalasHapusNPM : 21208499
Kelas : 4EB01
Setelah saya membaca blog tersebut, saya menyimpulkan bahwa manajemen merupakan suatu disiplin ilmu yang mengajarkan bagaimana perusahaan dalam mengelola usahanya baik secara operasional maupun sumberdaya manusianya. Dalam mengelola suatu perusahaan maka dibutuhkan strategi dalam pelaksanaannya, apalagi suatu organisasi pastinya mempunyai tujuan. Dengan adanya strategi, perusahaan dapat meramalkan masa depan mereka. Pengambilan strategi di dalam perusahaan tergantung pada tujuan jangka pendek atau jangka panjang. Untuk tujuan jangka pendek, perusahaan menggunakan manajemen taktis sedangkan untuk tujuan jangka panjang perusahaan menggunakan manajemen strategik. Manajemen strategik merupakan ilmu perencanaan yang digunakan oleh perusahaan guna mencapai tujuannya dan strategi bagaimana cara perusahaan mencapai tujuannya.
Sebagai contoh, misalkan perusahaan A ingin membuka cabangnya. Perusahaan A pasti akan memikirkan bagaimana caranya agar cabangnya tersebut mencapai tujuan. Salah satu yang harus dilakukan oleh perusahaan A adalah dengan cara menganalisis resiko-resiko yang ada nantinya. Setelah perusahaan menganalisis, maka perusahaan akan meminimalisir resiko tersebut agar cabangnya tetap going concern. Perusahaan A dapat menganalisis dari segi pangsa pasar, pesaing, lokasi, harga dan lain-lain. Apa yang telah dilakukan oleh perusahaan A tersebut merupakan implementasi dari manajemen strategik.
Dwi Prasetyo Wibowo ( 20208403/4EB02 )
BalasHapusMenurut Saya, manajemen strategik sangat dibutuhkan di dalam suatu perusahaan sebab manajemen strategik memfokuskan pada penggabungan aspek-aspek keuangan, operasional dari sebuah perusahaan.
Strategik selalu memberikan sebuah keuntungan, sehingga apabila proses manajemen yang dilakukan oleh organisasi gagal menciptakan keuntungan bagi perusahaan tersebut maka dapat dikatakan proses manajemen tersebut bukan manajemen strategik.
Nama : Ririn Khairani
BalasHapusNPM : 21208493
Kelas: 4EB01
Dari sekelumit penjelasan yang bapak paparkan diatas, sedikit banyak membantu pembaca untuk memahami materi mengenai manajemen startegik. Materi yang disampaikan pun menarik dan disajikan ringkas, sehingga memudahkan pembaca untuk mencoba mengerti akan manajemen strategik ini.
Memang dari banyak kejadian yang terjadi dilingkungan saat ini, harus disadari bahwa pentingnya untuk bisa membentuk rencana strategik yang berorientasi pada jangkauan masa depan. Untuk bisa memasuki hal itu, dibutuhkan langkah-langkah konkrit yang tidak hanya berorientasi pada hasil tapi dilihat pada aspek-aspek yang berpengaruh positif terhadap keberhasilan.
Kita bisa berkaca pada suatu perusahaan telekomunikasi yang saat ini ditengah banyaknya persaingan provider ponsel, tidak menyurutkan atau meruntuhkan perusahaan yang sudah lama berdiri ini, yaitu PT. Telkom untuk tetap eksis di dunia pertelekomunikasian. Hal ini tentunya berkat kerjasama manajemen yang baik dalam perusahaan tersebut dalam menciptakan rencana startegik demi keberlangsungan perusahaan ke depannya. Namun, tidak hanya dalam bisnis, rencana startegik harus dilakukan, dalam pemerintahan hal itu perlu. Kenapa tidak, apakah jadinya jika pembangunan proyek di suatu rencana dalam RAPBN yang telah disetujui, tidak dilaksanakan sesuai dengan rencana yang dibuat? Nah, inilah yang menjadi contoh bahwa, manajemen strategik adalah penting untuk kita ketahui bahkan aplikasikan untuk melaksanakan suatu perencanaan yang telah disusun.
Demikian, menurut pendapat saya mengenai materi manajemen stategik yang menjadi topik kali ini.
Nama : Risa Septiani
BalasHapusKelas : 4EB01
NPM : 21208070
Setelah saya membaca artikel yang bapak buat, saya berpendapat bahwa manajemen strategic tidak hanya diterapkan pada perusahaan-perusahaan besar, menengah, dan UKM, tetapi bisa diterapkan pada organisasi-organisasi yang ada di dunia kampus. Saya sebagai salah satu mahasiswa yang mengikuti unit kegiatan mahasiswa di Universitas Gunadarma, setidaknya saya harus memperdalam mengenai manajeman strategic ini. Dimana visi dan misi untuk berkembangnya organisasi bisa dibuat secara jelas. Program-program yang dibuat untuk acara yang akan diselenggarakan bisa menarik perhatian kalangan mahasiswa maupun dunia luar dan tentunya manfaatnya bisa menyebar untuk ummat. Demikian pendapat yang bisa saya berikan dan terakhir dari saya “Karena hidup itu berkompetisi kita membutuhkan manajemen"
Nama : Wahyudi Pratama
BalasHapusNPM : 21208276
kelas : 4EB01
menurut saya manajemen strategi merupakan hal penting dalam suatu usaha kecil maupun menengah dan manajemen strategi berhubungan dalam mewujudkan perencanaan berskala besar dalam suatu bisnis atau sebuah organisasi. namun perencanaan tersebut sulit untuk diimplementasikan karena akan banyak kendala yang dihadapi, rencana atau perencanaan yang dilakukan disetiap organisasi saling mendukung dalam kinerja para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi atau bisnis yang telah dijalankan, tujuan jangka panjang tersebut tidak jauh dari penyusunan atau pelaporan keuangan yang berperan penting dalam kegiatan suatu organisasi,maka manajemen strategi sangat berperan penting terhadap suatu kegiatan bisnis atau organisasi agar berjalan lebih baik dan lebih spesifik.
Nama : Venny Sagita
BalasHapusNPM : 21208254
Kelas : 4EB01
setelah membaca artikel yang bapak buat disini sangat menambah wawasan yang kami punya khusus nya dalam hal managemen strategi,, dimana didalam kehidupannya, management strategi merupakan aspek yang penting dalam hal pendirian usaha dikarenakan jika dalam pendirian usaha kita tidak memperhitungakan managementnya maka usaha yang kita buat tidak akan mempunyai daya saiang. sedangkan dalam kenyataan nya ketika kita membangun suatu usaha yang kita harapkan adalah usaha kita going concern yaitu usaha kita memiliki hidup yang panjang dan mendapat laba. oleh karena itu dalam pembangunan suatu usaha kita mempunyai banyak aspek-aspek penting dan salah satunya adalah MANAGEMENT STRATEGIK.
Nama : Ester Magdalena
BalasHapusNPM : 20208459
Kelas : 4EB01
Strategi adalah salah satu kata yang mengandung arti luas namun sangat dibutuhkan setiap, individu, kelompok organisasi maupun sebuah perusahaan agar dapat dapat bersaing untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan. Saat ini banyak perusahaan yang terus melakukan evaluasi terhadap strategi yang telah dibuat atau dijalankan sebelumnya. Untuk menjalankan/memperbaiki strategi tersebut dibutuhkan sebuah manajemen yang handal, sebab strategi sendiri membutuhkan 4 prinsip manajemen yaitu planning, organization, actuating, controlling..
Dalam era globalisasi ini, tantangan terberat perusahaan dalam menentukan manajemen strateginya adalah perusahaan harus mampu mengejar akan cepatnya arus peningkatan teknologi yang ada. strategi yang dibutuhkan juga harus relevan dengan keadaan perusahaan, sehingga dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran
Nama : Hesti Yustina
BalasHapusKelas : 4EB01
NPM : 20208596
Yang dapat saya simpulkan dari materi diatas bahwa strategi merupakan hal awal dan paling penting dalam menjalankan suatu usaha . Kita bisa bayangkan sebuah perusahaan yang menawarkan produk yang sama dengan perusahaan lain berjalan tanpa sebuah strategi, maka lama kelamaan produk itu akan kehilangan daya saing dan kemudian hilang. Sesuai yang telah disebutkan sebelumnya bahwa manajemen strategi ini di buat untuk bagaimana kita menjadi pemenang dalam sebuah kompetisi diantara banyaknya competitor yang ada.
Sebagai contoh pasar handphone yang dulu dikuasai oleh nokia yang berbasis symbian kini direbut pasarnya dengan kehadiran Samsung yang menawarkan ponsel android murahnya, menawarkan berbagai fitur yang mempermudah klomunikasi penggunanya .
Ini menjelaskan bahwa manajemen strategi dari perusahaan Samsung berhasil menarik minat para pengguna gadget yang haus akan temuan – temuan baru. Hal ini berarti manajemen strategic telah di terapkan dengan baik oleh sebuah perusahaan dengan tentunya melihat peluang dan terus berinovasi.
Rina Yuliyani
BalasHapus21208063
4EB01
Membaca artikel tersebut diatas, menambah wawasan saya akan pentingnya manajemen strategik dalam suatu perusahaan/usaha. Berpikir strategik, sebenarnya tanpa disadari, dalam aktivitas yang dilakukan manusia normal pada umumnya. Pada saat kita hendak pergi ke suatu tempat dan melihat langit mendung gelap berawan misalnya, maka akan mempersiapkan sebuah payung untuk mengiringi perjalanan.Pada saat hendak bepergian dari Jakarta menuju Surabaya, maka kita akan mempertimbangkan waktu tempuh, kenyamanan selama perjalanan serta biaya yang harus dikeluarkan dalam memutuskan tipe transportasi yang akan digunakan.
Kedua contoh diatas menggambarkan bagaimana manusia secara alamiah disadari atau tidak menggunakan cara berpikir strategik di dalam pengambilan keputusan sehari-hari untuk permasalahan sederhana setiap harinya, yang bertujuan untuk memperoleh hasil terbaik yang bisa mereka peroleh.
Begitupun dengan perusahaan baik kecil, menengah maupun besar. Menempatkan manajemen strategik sebagai tugas dan tanggungjawab sebagai awal untuk mereka mencapai sukses bisnis.
Nama : Rizkilah
BalasHapusNpm : 21208090
Kelas : 4eb01
Tulisan bapak mengenai Manajemen Strategik diatas menambah pemahaman saya mengenai apa itu manajemen strategik, karakter serta manfaat manajemen strategik itu sendiri.
Menurut saya manajemen strategik adalah hal yang teramat penting dalam menjalankan suatu usaha. Menjalankan suatu bisnis tanpa disertai dengan manajemen strategik yang jitu dan benar maka bisnis tersebut dikatakan tidak sempurna, bahkan dapat dipastikan bisnis tersebut akan gagal karena kalah saing dengan para competitor akibat tidak dijalankannya strategi manajemen atau dapat pula penerapan stategi manajemen yang salah.
Fadlillah Firdaus
BalasHapus20208470
4EB01
Menurut pendapat saya dari artikel diatas, manajemen strategik merupakan suatu kerangka dasar dalam menyelesaikan setiap masalah strategik di dalam perusahaan atau organisasi terutama yang berkaitan dengan persaingan, dimana peran manajer dalam menjalankan usahanya diajak untuk berpikir lebih kreatif/inovatif atau berpikir secara strategik. Dengan adanya manajemen strategik manajemen puncak dapat mempertimbangkan lebih banyak alternatif yang dibangun dari suatu analisa yang akan teliti dalam mengambil suatu keputusan, sehingga untuk kedepannya dapat menjanjikan suatu hasil yang menguntungkan bagi kelangsungan usahanya tersebut. Dan diharapkan juga dapat mencapai tujuan atau sasaran yang diinginkan. Maka dari itu, penerapan manajemen strategik dalam perusahaan sangatlah penting baik untuk usaha kecil, menengah, dan besar.
Citra Anggreini
BalasHapus21208369
4EB01
Assalammualaikum wr.wb
Sebelumnya saya ingin berterima kasih kepada bapak yang telah memberikan materi perkuliahan tentang Manajemen Strategik. Menurut saya setelah membaca materi ini, sangat menberi pengetahuan mengenai pentingnya strategi di dalam membuat usaha yang tepat agar tetap bertahan lama, bahkan terus meningkat progresnya. strategi awal memeng harus dibuat dan diperhitungkan dengan benar, agar nantinya usaha yang telah kita buat dan rencanakan tersebut tidak hancur dan salah perhitungan. Jika didalam usaha yang telah kita bangun tanpa adanya strategi, ada kemungkinan usaha tersebut tidak akan berjalan lama.
Selain strategi, menurut saya fokus dan komitmen untuk membangunusaha tersebut agar berkembang dan bertahan juga amat penting. Karena dengan komitmen yang teguh, usaha yang telah kita bangun tidak akan mudah dijatuhkan oleh para pesaing kita. Terus membangun usaha dan terus mengadakan perubahan yang baik juga penting di dalam stategi.
Budhi Rahayu (4EB02/ 20208261)
BalasHapusMenurut pendapat saya, manajemen stategik adalah sesuatu hal yang sangat penting apabila kita ingin menjalankan suatu usaha, baik usaha kecil ataupun usaha besar. semakin bagus manajemen strategik yang di miliki oleh suatu usaha tertentu, maka semakin bagus pula kinerja usaha tersebut. manajemen strategik juga di gunakan untuk mencapai tujuan dari sebuah usaha, contohnya untuk mendapat keuntungan semaksimal mungkin. oleh sebab itu manajemen strategik sangat penting dalam menjalankan suatu usaha
nama: dwi susanti
BalasHapusnpm : 20208405
kelas : 4EB01
setelah saya membaca artikel bapak, manajemen strategik sangat dibutuhkan oleh perusahaan baik perusahaan besar maupun pada usaha kecil karena dengan adanya manajemen strategik perusahaan mampu menghadapi persaingan dalam dunia bisnis terutama dalam mempertahankan dan mengembangkan eksistensi masing–masing untuk jangka waktu panjang, melalui kemampuan meraih laba kompetitif secara berkelanjutan.
Gesit bhakti
BalasHapus21208446
4EB01
menurut saya, dari beberapa ahli yang mendefinisikan manajemen strategik dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen strategik adalah suatu perencanaan dan tindakan dari suatu perumusan dan evaluasi untuk mencapai tujuan-tujuan dari suatu organisasi.
manajemen strategik merupakan ilmu yang berorientasi pada pencapaian di masa depan, dengan mengikuti alur-alur seperti yang di ungkapkan Fred R. David, seperti perumusan strategi, pelaksanaan strategi, dan terakhir evaluasi strategi. Dengan mengikuti alur-alur tersebut suatu organisasi dapat merencanakan strategi sesuai dengan kondisi-kondisi yang akan dihadapi kedepan.
strategi-strategi yang akan di ambil oleh suatu organisasi, harus benar-benar memiliki kekuatan dan keefektifan agar dapat berjalan dengan baik. walaupun banyak faktor yang mempengaruhi keefektifan suatu strategi.
Arif Siswanto / 20208180/ 4EB01
BalasHapusdisini dapat saya simpulkan bahwa manajemen strategik sangat berguna bagi tahap awal suatu pihak atau organisasi untuk memulai suatu usaha nya. dikatakan penting karena dengan adanya manajemen strategik ini berarti pihak penyelenggara atau penanggungjawab suatu usaha dapat mengetahui perhitungan soal pendapatan dan biaya apakah usaha tersebut dapat menghasilkan keuntungan atau tidak, proyek atau bisnis tersebut dapat dikerjakan dalam jangka waktu yang panjang atau pendek, apakah dalam prosesnya proyek atau usaha tersebut dapat tejadi suatu kendala yang nantinya harus dapat dihadapi atau tidak. manajemen strategik ini dilaksanakan untuk jangka panjang yang terdiri dari program-program dan susunan rencana pengolahan proses kerja. contohnya adalah dalam menjalankan bisnis harus ditentukan terlebih dahulu apa kira-kira barang atau jasa yang kita usahakan yang kemungkinan bisa memberikan keuntungan besar. harus juga memperhatkan lingkungan sekitar apakah lokasi nya strategis atau tidak, memperhitungkan harga jual dan biaya balik modal usaha, keuntungan yang diinginkan, dll. selain strategi-strategi tersebut, harus juga memperhatikan komitmen dan loyalitas para pekerja dari segala aspek agar dapat bertanggungjawab dalam pengerjannya.
Cris Tefanus 20208287 4EB01
BalasHapusDapat saya simpulkan bahwa manajemen strategik adalah suatu proses pencatatan dan pengorganisasian dengan pemanfaatan SDM untuk mencapai tujuan perusahaan dimana proses penentuan rencana berlangsung terus-menerus yang dilakukan berdasarkan sudut pandang pelanggan masa depan. Perusahaan dituntut untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan kinerjanya agar tetap bertahan dalam persaingan yang ketat. Untuk itu diperlukan suatu pengukuran dalam hal ini adalah pengukuran kinerja agar dapat mengetahui kinerja perusahaan yang sebenarnya. Tata kelola perusahaan manajemen yang baik dapat berpengaruh pada kinerja keuangan perusahaan yang baik. Strategi yang tepat dapat menghasilkan tujuan perusahaan yang diharapkan yaitu mengembangkan eksistensi dalam jangka waktu jangka panjang. Contoh dari pengimplementasian manajemen strategik dapat kita lihat dari sebuah kompetisi sepakbola. Dimana terdapat banyak klub yang bersaing untuk memenangkan sebuah pertandingan, bermain maksimal, dan dapat memenangkan kompetisi tersebut. Aspek bisnis juga sudah sangat terlihat jelas dalam perencanan dan pelaksanannya. Salah satu contohnya adalah dengan penjualan tiket, marchendise, dan kontrak iklan yang menjadi salah satu dari tulang punggung dalam bisnis sepakbola. Dimana penggunaan dana dari hasil-hasil diatas dapat digunakan untuk pembinaan pemain muda atau mentransfer pemain anyar untuk memperkuat klub. Manajemen yang baik dalam sepakbola dapat diambil contoh dari para staff, pelatih, dan pemain yang berorganisasi dan harus berlatih dengan baik, disiplin, dan mendengarkan taktik pelatih agar dapat menang.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusHaris Umarsyah
BalasHapus20208569
4EB01
Menurut pendapat saya, Manajemen strategi juga membatu perusahaan untuk menghadapi perubahan-perubahan yang tidak siap diantisiapasi oleh perusahaan, Contohnya Krisis Global Krisis ekonomi global adalah kendala utama yang sering diabaikan oleh semua perusahaan ketika situasi ekonomi sedang baik dan menguntungkan, namun ketika situasi berubah terbalik maka peran manajemen strategi menjadi sangat penting dan diperlukan. Akan sangat terlambat bagi perusahaan untuk menerapkan manajemen strategi ketika perusahaan sudah diambang masalah besar. Karena waktu tidak bisa diprediksi dan situasi tidak bisa kita perkirakan.Manajemen Strategi membantu organisasi mengumpulkan, menganalisis, dan mengatur informasi.
Widi Yogo P
BalasHapus21208283
4EB01
Menurut saya, manajemen strategik dibutuhkan semua perusahaan. Karena dengan manajemen strategik manajemen perusahaan mampu menganalisa kondisi ekonomi suatu perusahaan, sehingga perusahaan mampu bersaing dengan perusahahaan-perusahaan, lain bahkan dengan adanya manajemen strategik perusahaan dapat menemukan strategi atau cara baru untuk lebih meningkatkan dominannya dalam dunia bisnis.
feny febriandi
BalasHapus20208501
4eb02
menurut saya, manajemen strategi itu tidak hanya ketata laksanaan tetapi lebih dari memimpin sumber daya manusia agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Lia Asri Lestari
BalasHapus20208730
4EB01
Setelah membaca materi tentang manajemen startegik Dari kata manajemen yang memiliki arti suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian atau pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya. Dan stategi yang memiliki arti rencana jangka panjang dengan diikuti tindakan-tindakan yang ditujukan untuk mencapai tujuan tertentu, yang umumnya adalah “kemenangan”.
Maka menurut pendapat saya, adalah suatu hal yang wajar dalam membangun sebuah usaha, perusahaan harus memperhitungkan segala strategi yang mendukung untuk berkembangnya usaha tersebut, oleh karena itu manajemen strategi dapat dilakukan, karena dalam manajemen strategi perusahaan dapat merencakana strategi operasional jangka panjang, termasuk strategi operasional, hal tersebut tentunya juga tidak lepas dari peran manajemen puncak. Hal tersebut mencakup perencanaan dalam pengorginisasian, pelaksanaan, penganggaran dan control. Sehingga perushaan tersebut tetap dapat menjaga eksistensinya meskipun harus bersaing dengan banyak pesaing lain, dikarenakan perusahaan tersebut telah melakukan strategi manajemen yang baik.
Elin Septiana
BalasHapus20208431
4EB02
Menurut saya, manajemen strategi itu sangat dibutuhkan setiap perusahaan. Karena setiap perusahaan harus mempunyai manajemen yang baik serta strategi yang terbaik pula untuk mencapai suatu tujuan yang memang sudah direncanakan oleh perusahaan. Dengan adanya manajemen strategik, suatu perusahaan bisa bertahan dan bersaing dengan perusahaan yang lain. Tetapi disamping itu, dalam pelaksanaanya harus diawasi dan dilakukan dengan sebaik-baiknya. Agar tepat pada sasaran tujuan yang sudah direncankan sebelumnya.
Verawati/21208256/4EB01
BalasHapusMenurut saya, manajemen strategik sangat penting dalam sebuah usaha karena berfungsi untuk memastikan organisasi mencapai apa yang telah ditetapkan untuk diraih, dengan cara membandingkan kinerja dengan hasil yang diinginkan dan memberikan umpan balik yang diperlukan bagi pihak manajemen untuk mengevaluasi hasil-hasil yang diperoleh dan mengambil tindakan perbaikan bila diperlukan.
Nama : Hana Octavia
BalasHapusKelas : 4eb02
Npm : 21208541
Menurut saya manajemen Strategik sangat penting di dalam perusahaan ( baik perusahaan besar maupun kecil ) karena dengan manajemen yang baik suatu perusahaan juga akan baik pula.Manajemen merupakan permulaan dari suatu perencanaan yang akan menghasilkan tujuan yang direncanankan perusahaan berjalan sesuai atau tidak, berjalan efektif dan efisien atau tidak.
Ignatius Maurits Yastadi / 20208608 / 4EB02
BalasHapusMenurut saya, Manajemen Strategik mempunyai peran yang sangat penting dalam dunia bisnis, baik dalam perusahaan berskala besar, kecil, maupun UMKM. Realisasinya mungkin tidaklah semudah di dalam teorinya, karena seringkal banyaknya kendala yang tak bisa di prediksi sebelumnya, bila manajemen strategiknya dapat berjalan dengan baik, maka bisa di pastikan usaha tersebut pun akan berjalan dengan lancar.
Nama : Yudi Vandu Wijaya
BalasHapusKelas : 4EB02
NPM : 21208325
Dari penjelasan materi/artikel tentang Manajemen Strategik. Menurut saya, Manajemen Strategik adalah salah satu kebutuhan setiap perusahaan besar mapun kecil atau organisasi dan perindividu untuk mencapai suatu tujuan dan keputusan yang akan/telah direncanakan. Manajemen strategi juga harus di dukungan berupa dana, ketelitian, waktu/proses, agar Manajemen Strategik dapat berjalan sesuai tujuan yang telah direncanakan atau tidak sama sekali (gagal).
Nama : Susanti Kusumo Sari
BalasHapusNPM : 28210025
Kelas : 4EB02
Manajemen Strategik sangat penting dalam setiap usaha baik usaha kecil, menengah maupun yang sudah berkembang menjadi besar. Suatu usaha tidak akan maju ataupun berjalan dengan baik apabila kurangnya suatu perencanaan yang matang dalam mengelola usaha tersebut. Dalam manajemen strategik juga dibutuhkan kerja sama dan kekompakkan dalam menanganinya agar mencapai tujuan yang telah disepakati dari awal perencanaan tersebut. Apabila nantinya ada kendala yang tidak terduga datang sewaktu-waktu dalam manajemen strategik harus dapat menanganinya dengan bijaksana dan tepat.
Lulu Ikmah M
BalasHapus20208753
4EB01
Dalam perusahaan, usaha, maupun organisasi menerapkan manajemen strategik itu adalah hal utama, karena dalam pengurusan suatu organisasi atau perusahaan perlu adanya perencanaan jangka panjang dalam mencapai tujuan.
Perencanaan itu adalah stratego- strategi yang akan dilaksanakan dalam menghadapi berbagai hal yang akan terjadi didalam ataupun diluar perusahaan sebagai contoh kinerja para karyawan yang harus selalu ditingkatkan demi kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang seperti tercantum dalam prinsip akuntansi yaitu going concern. Maka itu perusahaan harus memiliki suatu managemen strategik untuk pencapaian tujuan perusahaan.
Selain dari kinerja, perusahaan juga harus mampu menghadapi persaingan maupun keadaan diluar perusahaan tersebut seperti semakin banyaknya perusahaan sejenis ataupun dengan terjadinya keadaan ekonomi soial politik yang menyebabkan krisi global. Oleh karena itu perusahaan harus memiliki manajemen strategik yang tepat agar bisa mencapai tujuan dan bisa menghadapi keadaaan- keadaan tersebut.
Miranty Nurhayati
BalasHapus20208809
4EB02
Menurut saya mengenai tentang manajemen strategik adalah proses yang mengajukan pada kita bahwa dalam melakukan pekerjaan harus dibutuhkan nilai-nilai yang mencerminkan visi dan misi dalam usaha menghasilkan sesuatu yang sangat berkualitas dengan diarahkannya kepemimpinan yaitu menciptakan dan memberikan kontribusi ke dalam lingkungan melalui gaya manajerial yang partisipatif dan saling mendukung, fokus yaitu membuat pilihan secara kritis berdasarkan prioritas untuk memilih sesuatu yang benar dan melakukannya dengan baik, kinerja yaitu memberikan umpan balik yang jujur atas kontribusi individu dan menghargai prestasi, ketekunan yaitu berusaha keras menjadi yang terbaik pada setiap hal yang kita lakukan, kedisiplinan yaitu memiliki kebudayaan yang rajin dengan memiliki rasa tanggung jawab yang penuh atas pekerjaan yang dimiliki, dan koordinasi yaitu suatu proses dimana seorang pemimpin dapat mengembangkan pola usaha kelompok secara teratur diantara bawahannya serta dapat membuat suatu kesatuan yang utuh dalam mencapai tujuan bersama.
Nama : Budi Erianda
BalasHapusKelas : 4EB01
NPM : 20208262
menurut saya manajemen strategik berhubungan dengan bagaimana manajemen bertujuan untuk jangka panjang perusahaan. manajemen strategik hampir sama dengan investasi artinya dalam manajemen strategik berusaha untuk meningkatkan nilai dari perusahaan dan meningkatkan kesejahteraan dari pemegang sahamnya. manajemen strategik berusahaan untuk menciptakan pertumbuhan bagi perusahaan di masa depan.
Nama : Nela Apriani
BalasHapusKelas : 4EB02
NPM : 21208388
Menurut saya manajemen strategik memang merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu perusahaan, setiap usaha yang akan dijalankan pastilah memerlukan suatu tindakan yang akan dialankan untuk memperoleh hasil yang ingi dicapai oleh suatu perusahaan tersebut.
Demikian pendapat saya .
Nama : Arischa Octavicha Aryanitha
BalasHapusKelas : 4eb02
NPM : 20208186
Menurut pendapat saya dalam manajemen strategik sangat berperan penting dan di butuhkan oleh perusahaan yang besar maupun yang kecil agar mencapai tujuan dan target yang di harapkan.
Nama : Amanda kartika Sari
BalasHapusKelas : 4eb02
NPM : 20208103
menurut saya managemen strategik itu sangat diperlukan dalam membangun usaha kecil maupun besar agar dapat mecapai tujuan yang diinginkan dan teratur.
Nama : Benny Nugraha
BalasHapusKelas : 4EB01
NPM : 20208245
Visi & Misi Perusahaan erat kaitannya dengan posisi perusahaan saat ini, arah perusahaan, dan tindakan, serta dampak jika tidak dilakukannya perubahan. Kebijakan perusahaan untuk mengintregrasikan akttifitas dan fungsi perusahaan adalah hal yang terpenting.Kita tahu bahwa kecenderungan yang semakin global menjadikan semua menjadi kompetitif, dinamis, dan tak menentu. Oleh karena itu perusahaan harus semakin mengerti mengenai rencana, pola, lompatan, posisi, dan persepsi mengenai fenomena yang ada.
Nama : Lia Agustin
BalasHapuskelas: 4EB01
NPM : 20208729
Manajemen dan strategik memiliki arti kata yng berbeda namun sama-sama memiliki pengaruh yang besar dalam dunia usaha, baik usaha kecil, menengah maupun besar. Manajemen dan Strategik dapat menetukan berhasil atau tidaknya suatu usaha. Manajemen Strategik pada umumnya digunakan untuk tujuan jangka panjang . Dalam implementasinya Manajemen strategik perlu memperhatikan dari berbagai aspek sebab jika salah satu aspek tidak terpenuhi maka manajemen strategik tidak akan berjalan dengan baik dan akan memiliki pengaruh dalam dunia usaha yang sedang dijalankan.
Nama : Fudy Anisa
BalasHapusNPM : 28209003
Kelas : 4EB01
Setelah membaca artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen strategik merupakan suatu sistem yang memiliki peranan yang sangat penting dalam keberlangsungan sebuah perusahaan, baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Karena dengan adanya manajemen strategik ini perusahaan tersebut dapat tetap bersaing dengan pesaing yang lain serta tetap dapat menjaga keeksistensiannya. Namun disamping itu, dalam pelaksanaannya pun harus tetap diawasi, agar tujuan yang diharapkan oleh perusahaan dapat tercapai.
Muhammad Addin Faesal
BalasHapus20208834
4EB02
Menurut saya manajemen strategik itu sangat penting untuk diterapkan bahkan wajib dilakukan pada pebisnis-pebisnis yang berada diluar sana, baik besar maupun kecil, karena manajemen strategik dapat memberikan sebuah kerangka pemikiran yang kreatif dan inovatif sehingga apabila terjadi suatu kendala dalam produksinya seperti barang yang dibuat sudah banyak yang ditiru oleh orang lain maka dengan manajemen strategik ini kita sudah dapat mengantisipasinya bahkan dapat menjadi trend center atau leadership dalam produk tersebut.
toni jatmiko
BalasHapus21208239
4 eB 01
menurut saya manajemen strategik sangat membantu program jangka pendek maupun jangka panjang. karena tampa sistem perencanaan dan strategi dalam menyusun rencana akan sis-sia nantinya.
terlebih jika perusahaan besar yang akan membangun pangsa pasar yang luas. maka diperlukan suatu strategi untuk menguasai pasar.
Anggit.P/21208361/4EB02
BalasHapusmanajemen strategik sangat diperlukan untuk membangun kesuksesan dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya manajemen strategik akan mempermudah membuat keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan peforma perusahaan dalam jangka panjang.
Nama: Cindy Gita Agustin
BalasHapusNPM: 20208282
Kelas: 4EB01
menurut saya, manajemen strategik sangat berperan penting bagi suatu perusahaan karena perusahaan membutuhkan suatu strategi untuk menjalankan perusahaannya agar dapat bertahan. Dimana program dalam manajemen strategik yang dilakukan oleh suatu perusahaan mempunyai sasaran jangka panjang, sehingga perusahaan dapat terus bersaing didunia bisnis.
Nama : Fritzkia Ifsantine El'maz
BalasHapusNPM : 21208428
Kelas : 4EB02
manajemen strategik sangat membantu usaha besar,menengah dan kecil dimana ada proses untuk menentukan rencana agar usaha yang dijalankan mencapai tujuan yang sudah diatur dalam program manajemen strategik.
arum pramuningtyas / 20208196 / 4eb01
BalasHapusDari artikel yang telah bapak buat saya dapat menyimpulkan, manajemen strategik merupakan proses pengambilan keputusan yang dilakukan sebuah organisasi atau perusahaan yang berorientasi pada jangkauan masa depan yang jauh (disebut visi) agar memungkinkan organisasi berinteraksi secara efektif (disebut misi) dalam usaha untuk mencapai tujuan atau organisasi tersebut. Manajemen strategic dibuat oleh pimpinan dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran di dalam suatu organisasi.
Dari sumber lain dituliskan bahwa Model manajemen strategik dimulai dari pengamatan lingkungan ke perumusan strategi (termasuk penetapan misi, tujuan, strategi, dan kebijakan) diteruskan ke implementasi strategi (termasuk pengembangan program, anggaran, dan prosedur), dan terakhir evaluasi dan pengendalian. Dari sumber lain juga saya dapatkan bahwa pendekatan yang berguna di dalam merumuskan strategi bisnis sebainya didasarkan atas analisis persaingan yang dicetuskan oleh Michael Porter.
a. Lima Kekuatan Kompetitif Porter
- Ancaman Pendatang Baru
- Daya Tawar Menawar Pemasok
- Daya Tawar Menawar Pembeli
- Daya Tawar Produk Pengganti
- Persaingan Antar Pesaing
b. Strategi Kompetitif Porter
1. Diferensiasi (Differentiation)
2. Kepemimpinan Biaya (Cost Leadership)
3. Fokus (Focus)
Reverensi : http://blognauun.blogspot.com/2010/05/hirarki-manajemen-strategi.html
titiayem.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7151/BAB+1.ppt
firmansyah
BalasHapus20208515
4EB02
manajemen sangat penting dalam sebuah organisasi karena fungsi manajemen dalah mengatur, membimbing dan memimpin semua sumber daya manusia agar usaha yang sedang digarap dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
sedangkan strategik adalah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.
dengan demikian kedua hal tersebut (manajemen & strategik) sangat penting dalam sebuah organisasi agar organisasi dapat berjalan dengan baik dan mecapai tujuan yang sebelumnya telah ditetapkan .
If you're trying to lose weight then you absolutely have to start following this totally brand new custom keto meal plan.
BalasHapusTo create this keto diet service, licensed nutritionists, fitness couches, and chefs have joined together to produce keto meal plans that are useful, decent, cost-efficient, and delightful.
Since their launch in early 2019, hundreds of clients have already completely transformed their figure and health with the benefits a certified keto meal plan can give.
Speaking of benefits; in this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones offered by the keto meal plan.